Penggantian Sendi Meningkatkan Produktivitas

Scroll down to content

 

Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat agar bisa melakukan berbagai aktifitas. Sendi merupakan komponen yang penting bagi tubuh. Pada kondisi tertentu, bilamana terjadi trauma, infeksi atau proses penuaan (degeneratif) maka komponen sendi tersebut akan rusak.

Pada kondisi kerusakan sendi yang parah misalnya, operasi penggantian sendi ini dapat saja dilakukan. Sendi yang biasa dilakukan penggantian adalah sendi lutut, sendi panggul, sendi bahu, sendi siku, sendi ankle, dan persendian lainnya. Pada kondisi sendi yang rusak tersebut akan dilakukan terapi secara bertahap. Pada awalnya akan diberikan pengobatan, fisioterapi, atau suntikan anti nyeri.

Tapi jika kerusakannya semakin parah dan masuk dalam stadium paling berat, maka pilihan terakhir dilakukan operasi penggantian sendi (joint replacement). Tujuan terapi dengan melakukan operasi penggantian sendi adalah untuk mengganti sendi yang rusak dengan sendi buatan, sehingga fungsinya dapat kembali normal dan seseorang dapat melakukan aktifitasnya kembali untuk meningkatkan produktivitasnya.

Faktor apa saja yang menyebabkan seseorang bisa beresiko penggantian sendi?

  • Biasanya sering dialami olehwanita
  • Seseorang dengan overweight
  • Pernah tejadi trauma pada daerah persendian yang mengakibatkan sendi rusak
  • Adanya riwayat infeksi yang mengakibatkan sendi rusak
  • Kelainan kongenital yang mengakibatkan kondisi sendi abnormal, dan cepat rusak

Biasanya seseorang akan mengalami nyeri saat beraktifitas seperti misalnya berjalan, menaiki tangga, berbaring ataupun duduk karena banyaknya aktifitas yang mengandalkan sendi ini. Diharapkan operasi penggantian sendi ini menjadi salah satu solusi yang bisa mengatasi rasa nyeri pada pasien.  Tapi pascaoperasi, mungkin saja gerak sendi menjadi tidak seleluasa dulu, namun pasien dapat melakukan aktifitasnya dengan normal kembali.

 

Yuk, mulai aware terhadap kondisi kesehatan tubuh kita, sehingga kita bisa mencegah beragam penyakit seperti salah satunya penyakit sendi. Tidak lupa, untuk membantu meringankan beban saudara kita yang telah terkena penyakit tersebut dengan melakukan penggalangan dana di http://pedulisehat.id

 

Sumber Foto: Freepik

%d blogger menyukai ini: