Cegah Gigi Berlubang

Gigi adalah anggota tubuh yang paling mudah terlihat terutama bila kita berbicara dengan orang lain. Oleh karena itu, memiliki gigi yang indah dan sehat sangatlah penting. Bilamana gigi kita berlubang maka akan dirasa mempengaruhi penampilan dan tentu juga rasa sakit karena gigi berlubang menimbulkan ketidaknyamanan.

Erosi gigi merupakan awal dari kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Gigi berlubang bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. Gigi berlubang merupakan kondisi gigi mengalami kerusakan dan telah mengikis bagian luar enamel atau email gigihingga bagian dalam gigi (dentin), hingga membentuk suatu lubang. Gigi berlubang ini disebabkan karena adanya penumpukan bakteri pada mulut, sering mengonsumsi makanan yang manis, serta kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Jika gigi berlubang tidak segera diatasi, lubang pada gigi tersebut akan membesar dan berisiko menimbulkan infeksi serta gigi bisa tanggal. Gigi berlubang umumnya diawali oleh adanya plak pada mulut. Asal plak ini adalah dari sisa makanan yang mengandung gula, seperti roti, sereal, susu, dsb yang kemudian diubah oleh bakteri alami dalam mulut menjadi asam. Kombinasi antara bakteri, asam serta sisa makanan yang ada di mulut, dan air liur akan membentuk plak yang melekat pada gigi. Asam yang terdapat dalam plak ini secara perlahan mengikis lapisan-lapisan gigi, hingga membentuk lubang pada gigi.

Berikut ini adalah sebuah tips yang merupakan kebiasaan sederhana untuk mencegah gigi berlubang yaitu:

  1. Rutin menyikat gigi 2x sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
  2. Rutin melakukan control kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali meskipun sedang tidak sakit gigi.
  3. Bagi orang yang merokok sebaiknya rutin untuk dibersihkan karang giginya setiap 6 bulan sekali sehingga gigi tidak cepat berlubang ataupun goyang.
  4. Kurangi makanan yang manis-manis seperti coklat, gula-gula, ataupun makanan snack yang cepat membuat gigi berlubang.
  5. Untuk para anak-anak jangan meminum susu botol (dot) karena bisa menyebabkan gigi berlubang bila tidak rajin pula untuk menggosok giginya saat pagi dan malam.

 

Sumber Foto: Freepik

%d blogger menyukai ini: