7 Langkah Pencegahan Demam Berdarah yang Efektif

Scroll down to content

Tidak hanya saat musim hujan, demam berdarah dengue (DBD) merupakan ancaman serius yang perlu diwaspadai sepanjang tahun. Maka dari itu, berbagai langkah pencegahan demam berdarah pun perlu terus dilakukan untuk menghindari dampaknya.

Penyakit yang kerap terjadi di negara-negara beriklim tropis ini bahkan masuk dalam daftar ancaman kesehatan global dari WHO. Pasalnya, DBD memiliki gejala yang sangat mengganggu dan dapat menyebabkan risiko yang fatal berupa kematian.

Pencegahan demam berdarah yang bisa Anda lakukan

Langkah pencegahan demam berdarah paling efektif dilakukan secara perorangan, dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu rumah. Berikut ini beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda ikuti, untuk melindungi diri dan keluarga dari ancaman demam berdarah

  1. Ketahui dahulu penyebab DBD

Penyebab demam berdarah dengue adalah virus dengue. Virus ini bisa menyebar dari satu orang ke orang lain, melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Ketika nyamuk tersebut menggigit orang yang sedang terinfeksi, maka virus akan menetap di tubuh nyamuk. Lalu, saat nyamuk yang terinfeksi tersebut menggigit orang lain yang tidak terinfeksi, maka virus tersebut akan masuk ke tubuh orang tersebut dan menularkan DBD.

  1. Bersihkan sarang nyamuk DBD

Waspadalah jika di sekitar rumah Anda terdapat genangan air. Pasalnya, tempat tersebut merupakan area berkembang biak yang ideal untuk nyamuk DBD.

Sebagai langkah pencegahan demam berdarah, Anda disarankan untuk menutup atau membersihkan genangan tersebut. Anda juga bisa menyemprotkan obat yang diperlukan seperti insektisida, untuk mencegah tanah menjadi area pengembangbiakan nyamuk DBD.

  1. Hati-hati saat beraktivitas di luar

Saat beraktivitas di luar, terutama ketika musim hujan, hindarilah tempat-tempat yang kotor dan banyak genangan air. Jangan duduk atau jajan di sembarang tempat, karena lokasi-lokasi tersebut berisiko menjadi habitat nyamuk tertentu seperti aedes aegypti.

  1. Jaga kebersihan lingkungan

Jangan buang sampah sembarangan dan selalu tutup tempat pembuangan sampah di rumah Anda, agar tidak menampung air yang bisa menjadi genangan tempat nyamuk berkembang biak.

Semprot area rumah dengan obat antinyamuk dan insektisida. Anda juga dapat menggunakan cara alami dengan memelihara hewan pemakan nyamuk dan jentik nyamuk, seperti ikan.

  1. Lindungi kulit dari gigitan nyamuk

Langkah pencegahan demam berdarah lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan krim atau lotion antinyamuk, untuk melindungi tubuh dari gigitan nyamuk DBD. Anda dapat memilih banyak merek yang telah beredar di pasaran.

  1. Beri penerangan yang cukup di rumah

Tempat yang gelap dan lembap merupakan area yang dianggap ideal oleh nyamuk. Untuk itu, pastikan pencahyaan di rumah Anda cukup baik. Isilah rumah Anda dengan cahaya dari lampu dan sinar matahari.

Anda juga bisa memasang kasa nyamuk di jendela atau pintu, sebagai langkah tambahan untuk mencegah demam berdarah.

  1. Kenakan pakaian yang tepat

Menggunakan pakaian yang tertutup saat beraktivitas di luar rumah, dapat mengurangi risiko Anda tergigit nyamuk DBD. Terutama, jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas di area yang berpotensi sebagai sarang nyamuk.

Melakukan pencegahan demam berdarah, selayaknya dilakukan sejak masih di lingkungan terkecil. Menjaga kebersihan diri dan rumah tidak hanya akan melindungi diri Anda dari demam berdarah, namun juga dari infeksi dan penyakit lain yang juga berbahaya bagi kesehatan.

 

Sumber: sehatq.com

 

%d blogger menyukai ini: