Female nurse with stethoscope holding heart

Jantung merupakan organ tubuh penting yang memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Selain itu, organ tubuh punting ini juga bekerja untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh lainnya. Jantung juga berperan untuk menghilangkan racun karbondioksida dan kotoran lainnya, maka kita harus menjaga dengan baik organ vital ini supaya kesehatan tubuh kita keseluruhan juga baik.

Selama ini banyak orang mengetahui bah faktor utama penyakit jantung adalah makanan. Tapi ternyata hasil dari penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2017 dalam Jurnal The Lancet menyebutkan mereka yang memiliki aktifitas tinggi di bagian otak amigdala yaitu bagian otak yang berperan dalam pembentukan emosi beresiko terkena serangan jantung dan stroke. Bagian ini akan bereaksi ketika kita merasa takut, sedih, gelisah atau pada saat kita dalam keadaan tertekan dan stress.

Maka dari itu membiasakan diri untuk bergaya hidup sehat dapat membantu memperkuat organ jantung Anda. Gaya hidup sehat yang dimaksud yaitu menjaga berat badan agar tetap proporsional, mengkonsumsi makanan sehat, serta manajemen stress yang baik. Lakukan medical check up secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan kita secara umum terutama pada jantung.

Penyakit Kardiovaskular ini adalah jenis penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Gejala awal sumbatan biasanya ketika sedang bekerja, sedang menaiki tangga, sedang berlari marathon terasa dada menjadi tidak enak atau berat, menjalar ke tangan kiri, leher dan punggung disertai sesak napas. Sebaiknya bilamana mengalami hal ini harus segera periksakan ke dokter spesialis jantung atau dapat segera ditangani di IGD Rumah Sakit terdekat.

 

 

 

%d blogger menyukai ini: