husband-supporting-sick-wife_53876-26142

Kanker usus besar adalah tumbuhnya sel kanker yang ganas didalam permukaan usus besar atau rektum. Kanker jenis ini menduduki peringkat ketiga sebagai penyakit yang paling banyak ditemui baik pada pria maupun wanita.

Berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau adenoma menyebabkan pasien terlambat menyadari bahwa sel kanker telah bersarang di usus besarnya. Karena biasanya pada stadium awal tidak menimbulkan gejala yang begitu berarti. Hal ini berakibat banyak pasien yang gagal mendeteksi penyakit ini di tahap awal.

Penyebab kanker usus besar memang belum diketahui secara pasti, hanya saja ada beberapa hal yang diduga kuat berpotensi memunculkan penyakit ganas ini. Diantaranya adalah diet yang salah, banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak, protein, rendah serat serta obesitas.

Pengaruh genetik sekitar 20-25% juga merupakan salah satu indikasi seseorang bisa terkena kanker usus. Sehingga awareness untuk melakukan screening kesehatan sedini mungkin diperlukan bilamana keluarga kita memiliki resiko penyakit kanker usus besar. Selain itu memiliki autoimun, diet yang tidak tepat, obesitas, minum beralkohol dan merokok itu yang paling sering menjadi pemicu risiko terjadinya kanker usus.

%d blogger menyukai ini: