Kenali Penyakit TBC (Tuberculosis)

Scroll down to content

Tuberculosis merupakan suatu kuman dengan nama mycobacterium tuberculosis yang sering menyerang paru karena penyebaran dari kuman TBC itu melalui udara atau air borne infection. Jadi ini dapat ditularkan melalui saluran nafas pada saat kita bertemu dengan penderita TBC yang positif. Bilamana saat bertemu penderita tersebut batuk, lalu terhirup oleh kita yang sehat sehingga kita bisa dengan mudah tertular penyakit TBC tersebut.


Penyakit ini disebut TB Paru (Tuberculosis Paru) dikarenakan sebanyak 78% memang mengenai paru, tetapi sebenarnya tuberculosis juga bisa mengenai kelenjar getah bening, tulang, ginjal, atau mengenai otak yang disebut meningitis TB.
Kita dapat melakukan pencegahan penularan penyakit TBC ini dengan cara menggunakan masker bila kita dikeramaian umum atau kendaraan umum. Pada umumnya penyakit ini bisa disembuhkan, hanya saja pengobatannya agak lama karena sifat khusus dari kuman mycobacterium tuberculosis yaitu dengan melakukan pengobatan minimal 6 bulan.


Bila kita berobat dengan teratur maka penyakit TBC ini bisa sembuh, tapi kalau berobat terputus-putus itu akan menimbulkan kumannya menjadi resisten terhadap obat. Masalah itulah yang menyebabkan Indonesia tidak tuntas pengobatan TBC. Karena pasien atau penderita tidak tekun berobat selama 6 bulan sehingga menimbulkan kuman resisten.
Bila kita tertular oleh kuman yang resisten itu pengobatannya lebih sulit dan lebih lama lagi dan dengan obat yang khusus. 
Salah satu gejala TBC adalah batuk yang berlangsung cukup lama disertai demam, berat badan menurun, kadang-kadang muncul sesak napas. Bisa juga paling sering adalah batuk berdarah. 


Nah mulai sekarang kita lakukan pola hidup sehat, serta tidak lupa turut membantu meringankan penderitaan teman-teman kita yang memiliki penyakit kronis tersebut dengan berdonasi melalui http://pedulisehat.id

 

Summer Foto: Freepik

%d blogger menyukai ini: