Kebiasaan Mengonsumsi Buah dan Sayur

Scroll down to content

Buah dan sayur merupakan nutrisi wajib yang tidak boleh absen di setiap menu makanan kita. Mengapa demikian? karena buah dan sayur mengandung banyak serat yang menjaga kesehatan pencernaan, memiliki kandungan lemak rendah, mengandung vitamin dan mineral, serta memberikan rasa kenyang lebih lama dan rendah kalori.

Konsumsilah buah dan sayur dengan berbagai variasi warna agar mendapatkan manfaat vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Tidak ketinggalan, berikut tips untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur:

  1. Jadikan sayur dan buah sebagai pengganti snack.
  2. Buat kreasi buah (dengan gula rendah kalori) seperti: puding es buah, jus buah, salad buah dll.
  3. Buat kreasi sayur, seperti: jus sayur, cake wortel, biskuit bayam, sop/tumis/cah/rebus dll

Konsumsi buah dan sayur merupakan bagian merupakan asupan yang penting dalam konsumsi makanan sehari-hari dari setiap individu untuk hidup sehat dengan gizi seimbang. Di Indonesia berdasarkan hasil penelitian riset kesehatan dasar (Riskesdas, 2010) menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sekitar 93,6%. Selanjutnya data Riskesdas pada tahun 2013 tercatat pada penduduk umur lebih dari 10 tahun yang mengonsumsi kurang dari 5 porsi buah dan sayur dalam sehari sebesar 93,5%, sedangkan proporsi mengonsumsi lebih dari 5 buah dan sayur tiap harinya pada data Riskesdas masih terbilang rendah yaitu hanya sebesar 3,3%.  Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang. Untuk mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari sebenarnya kita perlu mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sesuai Permenkes No. 41 Tahun 2014. Sebanyak 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur (lebih banyak sayuran) setiap kali makan.

%d blogger menyukai ini: