Fungsi Jantung Tidak Normal

Jantung yang normal dan sehat didukung oleh jaringan otot yang kuat dan bekerja dengan baik dalam memompa darah yang merupakan fungsi utama jantung. Data dari WHO diperkirakan pada tahun 2030 nanti jumlah kematian akibat penyakit kardiovaskular ini meningkat menjadi 23 juta. Di Indonesia, angka kematian akibat gagal jantung pun cukup tinggi. Jantung adalah otot yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri. Sedangkan dua ruang lagi terletak di bagian bawah, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Antara ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot (septum) yang berfungsi mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang sedikit oksigen.

Secara umum fungsi jantung yang utama adalah memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru. Jantung menyediakan oksigen darah yang cukup dan dialirkan ke seluruh tubuh, serta membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida). Jika terjadi penurunan fungsi jantung maka kinerja jantung tidak normal sehingga menimbulkan penyakit jantung. Berikut ini adalah jenis penyakit jantung yg disebabkan fungsi jantung yang tidak normal:

  • Penyakit Jantung Bocor adalah kondisi dimana terdapat lubang pada sekat jantung akibat kelainan struktur jantung. Penyakit ini termasuk penyakit bawaan sejak lahir. Pada kasus jantung bocor, sirkulasi darah kotor ini yang mengalir ke sirkulasi darah bersih sehingga bayi menjadi biru. Bila terlalu banyak darah kotor beredar ke sirkulasi darah bersih dan memasuki organ-organ penting seperti otak, maka bisa terjadi sesak napas, disertai kejang, bahkan kematian.
  • Penyakit Lemah Jantung adalah keadaan bila jantung tidak bisa memompa jumlah darah yang cukup ke anggota badan. Hal ini karena otot jantung yang semakin besar mengakibatkan kemampuannya untuk memompa mengalami penurunan. Ini merupakan salah satu dari banyak akibat jika tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi.

Untuk itu, mari kita membantu sesama dengan berdonasi https://pedulisehat.id/searchResaults.html?search=jantung&from=campaignList untuk meringankan beban saudara kita yang membutuhkan biaya pengobatan atas penyakit tersebut.

%d blogger menyukai ini: