Pernah mendengar apakah itu tungau? Atau sering mendengar tetapi tidak mengetahuinya? Nah, sekarang saatnya Anda perlu tahu, binatang apakah tungau itu. Seringkali orang menganggap tungau adalah kutu busuk. Tetapi pada kenyataannya, tungau merupakan hewan mikroskopik alias hewan yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop, karena ukurannya sangat kecil sekitar kurang dari 0,5 milimiter, nyaris tidak akan terlihat oleh kasat mata dan mudah sekali menyebar menjadi banyak, terutama di tempat lembab.

Seberapa banyak tungau bisa bersarang? Jawabannya adalah sampai dengan jutaan ekor tungau, luar biasa bukan? Tungau mudah sekali bersarang di sekitaran kita, contohnya di tempat tidur, bantal, maupun sofa. Tungau sendiri tidak membahyayakan kehidupan, tetapi kotorannya dapat menimbulkan Alergi seperti gatal-gatal kulit, pilek, batuk-batuk, dan jika parah bisa menyebabkan asma. Sering bersin-bersin saat bangun tidur atau hidung suka tersumbat? Wah, itu mungkin sudah pertanda kamu harus membersihkan tempat tidurmu karena mungkin sudah banyak tungau bersarang disana.

Berikut adalah tips yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi perkembangbiakan tungau di sekitarmu, yuk kita simak!

  1. Membuka jendela kamar di pagi hari, agar sirkulasi udara lebih baik, kelembapan udara berkurang dan tungau tidak akan berkembang biak.
  2. Rajin membersihkan rumah, terutama pada perabotan rumah yang suka berdebu. Kamu bisa gunakan kain basah agar debu terangkat dan tidak menyebar ke perabotan lainnya.
  3. Menyemprotkan larutan garam dan cuka ke tempat yang disukai tungau, lalu tunggu beberapa jam, maka tungau akan mati.
  4. Memanggil jasa penyedot tungau secara rutin membersihkan tempat tidur, bantal, sofa ataupun matras, dan barang barang lainnya.
  5. Kamu juga dapat membersihkan tungau sendiri dengan membeli unit vacuum cleaner yang mempunyai spesifikasi menyedot tungau.

Yuk, mari kita terapkan perilaku hidup bersih karena lingkungan yang bersih akan meningkatkan kualitas kesehatan.

%d blogger menyukai ini: