Mengenal Endodontik : Perawatan Saluran Akar Gigi

Scroll down to content

Perawatan saluran akar gigi adalah  prosedur bedah kecil yang dilakukan karena terjadinya pembusukan yang mengakibatkan gigi alami manusia menjadi rusak. Endodontik merupakan cabang kedokteran gigi yang khusus merawat dan menangani bagian dalam gigi dan pulpa. Tujuannya adalah mempertahankan gigi alami manusia meskipun sudah terlanjur rusak, daripada harus mencabut gigi tersebut dan membuang uang banyak untuk menggantinya dengan gigi palsu dan biayanya pun tidak sedikit.

Biasanya, kebanyakan orang yang datang ke dokter gigi adalah mereka yang sudah tidak tahan lagi karena rasa sakit dan ngilu di dalam mulut, sehingga meminta gigi tersebut segera dicabut. Padahal, mencabut gigi tidak dijamin menyelesaikan masalah. Jika kamu merasakan ngilu atau rasa tidak nyaman di mulut dan kamu sudah mencoba beberapa macam obat tapi tidak ada reaksi, mungkin gigi kamu sudah terinfeksi. Ciri-ciri infeksi tersebut adalah ketika makan terasa sakit, terkena minum terasa nyeri atau ngilu, dan gigi terasa goyang atau longgar. Jika kamu merasakan gejala tersebut, periksalah segera ke dokter gigi.

Jika dokter memutuskan untuk merawat saluran akar tersebut, tentunya dengan berbagai pertimbangan, seperti rontgen gigi, memeriksakan pulpa untuk mengetahui seberapa besar infeksi tersebut. Banyak orang berpikiran bahwa perawatan saluran akar gigi akan terasa sakit. Pada kenyataannya, rasa sakit tersebut bukan dikarenakan prosedur perawatannya melainkan karena infeksi yang terjadi di dalam pulpa gigi itu sendiri. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena dokter dapat menggunakan bius lokal di sekitar gigi yang rusak agar terasa kebas, sehingga kamu tetap merasa nyaman.

Prosesnya sendiri tidak instan, dokter perlu mengetahui perkembanganya selama kurang lebih satu minggu setelah proses pertama. Jika masih ditemukan infeksi, maka prosesnya akan tertunda dikarenakan infeksi tersebut harus diobati lagi. Tetapi, jika selama prosesnya sudah dinyatakan lebih baik, maka proses selanjutnya adalah penambalan gigi. Jangan lupa, tanyakan pada dokter persiapan apa yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan perawatan pada saluran akar gigi, karena kondisi gigi setiap orang berbeda dan tidak sama.

Rajinlah untuk konsultasi ke dokter gigi kepercayaanmu, dan lakukan pemeriksaan lanjutan sebagaimana disarankan oleh dokter.

Pic Source: Global Estetik

%d blogger menyukai ini: