Banyak orang mempunyai persepsi yang salah mengenai vegetarian dan vegan. “Seorang vegetarian sudah pasti vegan”, padahal, keduanya adalah dua hal yang berbeda.. Lalu, seperti apa berbedaannya? Vegetarian dibedakan menjadi beberapa tipe, sesuai dengan makanan yang dikonsumsinya, yaitu:

  1. Pescatarian, yaitu seorang vegetarian yang tidak mengkonsumsi segala jenis daging tetapi masih mengkonsumsi Ikan.
  2. Flexitarian, yang bisa diasumsikan sebagai orang yang semi vegetarian. Dalam hal ini, flexitarian berusaha menyesuaiakan keadaan sekitarnya, mereka lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, tetapi ada kalanya mereka juga mengkonsumsu daging, biasanya hanya ikan adan ayam.
  3. Ovo-Vegetarian, seorang vegetarian yang mengkonsumsi telur, tapi tidak yang berasal dari susu. Ovo-Vegetarian tidak makan daging ataupun makanan yang diolah dari daging, misalnya seperti nugget atau sosis, dan sebagainya.
  4. Lacto-Vegetarian, kebalikannya dari Ovo-Vegetarian, mereka tidak mengkonsumsi daging dan telur, tetapi masih mengkonsumsi makanan yang berasal dari susu.
  5. Lacto-Ovo-Vegetarian, yaitu seseorang yang masih mengkonsumsi susu, telur, tetapi tidak mengkonsumsi daging.

Lalu, bagaimana dengan Vegan? Vegan adalah seseorang yang hanya mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Vegan murni tidak mengkonsumsi daging atau produk olahan daging, tidak mengkonsumsi bawang-bawangan, tidak mengkonsumsi susu maupun produk-produk yang berasal dari susu ataupun mentega dan tidak mengkonsumsi telur sama sekali. Baik vegetarian maupun vegan sama-sama memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh. Contohnya menurunkan kolesterol dalam darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, mengurangi peluang terkena diabetes, tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

Setelah membaca ini, kita jadi mengetahui, bahwa seorang vegetarian belum tentu vegan yah Guys! Nah, kalau sudah paham perbedaannya, kamu lebih memilih menjadi seorang vegetarian atau vegan nih?

Pic Source: Harvard University Special Health

%d blogger menyukai ini: