Kopi seringkali dikaitkan dengan tradisi di Indonesia, yaitu minuman wajib di pagi hari sebelum beraktifitas. Ada yang beranggapan bahwa dengan meminum kopi akan meningkatkan antioksidan bagi tubuh. Namun, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa kebanyakan meminum kafein dapat menimbulkan insomia. Terlepas dari manfaatnya terhadap tubuh, ternyata mengkonsumsi kopi berlebihan, juga dapat membahayakan tubuh, terlebih jika dikonsumsi dengan gula berlebih.

Belakangan ini, muncul banyak kedai kopi yang menawarkan jenis kopi yang berbeda-beda dipadu dengan rasa-rasa unik, yang belum pernah ada sebelumnya. Nah untuk kamu pecinta kopi milenial nan kekinian, kamu harus tau fakta-fakta kopi tersebut, seperti :

  1. Meminum kopi tanpa gula, sangat baik untuk mencegah terjadinya resiko terkena diabetes. Karena kandungan di dalam kopi, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh. Tapi jika dikonsumsi dengan campuran gula berlebih, lama kelamaan dapat mengancurkan produksi sel insulin dalam tubuh. Akibatnya, resiko terkena diabetes.
  2. Jika kamu pernah mengalami detak jantung yang sangat cepat dari biasanya ketika mengkonsumsi kopi, mungkin sebaiknya kamu harus rehat sejenak dari dunia perkopian. Hal ini jadi berbahaya terutama jika kamu mempunyai riwayat penyakit jantung sebelumnya.
  3. Sering digunakan sebagai alasan “supaya tidak ngantuk” apalagi ketika sedang bekerja. Pada kenyataannya, kafein berlebih menyebabkan insomnia atau gangguan tidur.
  4. Kopi yang tercampur dengan susu dapat menurunkan nilai gizi dari susu tersebut. Jadi, kamu tidak akan mendapatkan zat besi dari kopi susu yang kamu konsumsi.
  5. Jika kamu pecinta menu es kopi susu, kamu harus tahu bahwa gula sudah jelas menjadi salah satu musuh utama tubuh dan kulit karena akanl mempercepat proses penuaan kulit. Perlu kamu ketahui bahwa es kopi susu biasanya mengandung susu, gula pasir, gula aren dan krimer.

Minum kopi boleh-boleh saja, tapi apapun yang berlebihan tidak baik untuk tubuh, begitupun dengan kopi. Jadikanlah kopi kekinian ini sebagai teman bersantai sesekali tanpa ketergantungan untuk mengkonsumsinya setiap hari. Atau jika kamu pecinta kopi, mungkin kamu bisa menggantinya dengan opsi pemanis non kalori.

Yuk Insan Peduli Indonesia, mari kunjungi plarform https://pedulisehat.id untuk membantu teman-teman kita yang sedang membutuhkan uluran tangan.

%d blogger menyukai ini: