Bijak dan Cerdas Menggunakan Minyak Goreng

Scroll down to content

Minyak sudah menjadi salah satu bahan pokok ketika memasak. Tak jarang, banyak juga orang menggunakan minyak goreng berulang-ulang ketika memasak. Salah satunya yang paling sering kita jumpai adalah pedagang kaki lima seperti pedagang gorengan, pedagang ayam atau ikan goreng. Mereka menggoreng menggunakan minyak yang sama sampai warnanya pun sudah tidak menyerupai minyak lagi. Tidak hanya industri pedagang saja, industri rumah tangga juga tak jarang mengganti minyak goreng, dengan alasan minyak tersebut baru digunakan dan sayang untuk menggantinya dengan minyak baru.

Padahal, tidak baik loh konsumsi minyak yang terus-menerus digunakan. Nah, jika kamu termasuk yang sulit mengganti minyak gorengmu, simak tips berikut ini yuk!

  1. Jangan biarkan remah sisa makanan tertinggal dalam minyak. Saat menggoreng, biasanya pasti akan ada remah-remah sisa yang tertinggal, jika tidak dibuang, akan menjadi sarang tempat bakteri dan virus berkembang biak.
  2. Perhatikan bahan makanan yang akan kamu goreng. Bahan makanan biasanya mengandung minyak alami, misalnya tempe atau tahu. Minyak alami tersebut dapat menurunkan kualitas dari minyak goreng itu sendiri.
  3. Setiap jenis minyak goreng memiliki titik asap yang berbeda-beda. Semakin rendah titik asapnya, semakin mudah pula kualitas minyak tersebut menurun setelah dipakai menggoreng.

Minyak goreng yang sudah pekat atau berubah warna menjadi kecoklatan atau kehitaman, berubah aroma dan rasa adalah sudah pertanda bahwa minyak tersebut tidak boleh digunakan lagi dan harus dibuang. Minyak goreng yang sudah berubah warna mengandung lemak jenuh lebih banyak dan mengandung kolesterol jahat. Tidak hanya itu, bakteri, virus dan penyakit pun dapat menyerang kesehatan tubuh dan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kanker dan tumor. Yang paling baik, minyak goreng tidak digunakan lebih dari 3 kali untuk menggoreng.

Menggunakan minyak goreng harus bijak. Lebih baik, kita mengeluarkan uang lebih untuk membeli minyak goreng baru, daripada mengeluarkan uang yang lebih besar untuk mengobati resiko yang mungkin terjadi pada kita karena “berhemat” minyak. Nah ladies, jika sudah membaca ini pastikan kamu mengganti minyak gorengmu yah! Yuk biasakan pola hidup sehat sehingga makanan yang dihasilkan juga menyehatkan dan bermanfaat untuk tubuh.

Jangan lupa, klik https://pedulisehat.id untuk membantu teman kita yang membutuhkan.

%d blogger menyukai ini: