Waspadai Faktor Penyebab Kanker Prostat

Scroll down to content

Penyakit ini menjadi momok menakutkan bagi kaum adam. Kanker prostat merupakan kanker yang paling banyak menyerang lealki di dunia termasuk Indonesia.

Kanker prostat biasanya bisa Anda kenali dengan sejumlah gejala berupa sulit buang air besar, hilangnya kontrol terhadap urine, buang air kecil lebih sering, muncul darah di urine, dan gangguan ereksi. Saat kanker sudah menyebar ke tulang, gejala yang muncul dapat berupa nyeri di panggul, pinggul, dan dada serta nyeri pada tulang.

Prostat merupakan kelenjar pada organ reproduksi pria yang memproduksi cairan semen. Cairan semen sendiri berfungsi untuk memberikan nutrisi kepada sperma dan sebagai transportasi sperma saat ejakulasi. Prostat terletak tepat dibawah kandung kemih dan mengelilingi pangkal saluran uretra.

Berikut faktor yang menyebabkan timbulnya kanker prostat :

  1. Usia
    Kanker prostat dikenal juga sebagai kanker yang menyerang usia lanjut. Kanker prostat umumnya terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun. Studi menunjukkan satu dari 11 laki-laki yang berusia di atas 70 tahun ditemukan menderita kanker prostat.
  2. Ras
    Studi menunjukkan orang yang memiliki ras Afroamerika atau berkulit hitam lebih berisiko terkena kanker prostat. Di Indonesia, belum ada penelitian mengenai ras apa yang lebih berisiko karena masyarakatnya cenderung lebih homogen.
  3. Riwayat Keluarga
    Orang yang memiliki keturunan atau riwayat keluarga pernah terkena kanker prostat lebih berisiko untuk mengalami kanker prostat.
  4. Hormon
    Hormon berperan besar dalam penyakit kanker prostat. Ketidakseimbangan hormon dapat meningkatkan risiko kanker prostat.
  5. Obesitas
    Laki-laki yang memiliki berat badan berlebih juga lebih mungkin terkena kanker prostat ketimbang orang dengan berat badan seimbang. Kegemukan telah terbukti dapat menyebabkan banyak kanker.
  6. Makanan
    Makanan yang tidak sehat seperti banyak lemak, tinggi gula, dan tinggi garam dapat memicu perkembangan kanker prostat.
  7. Kurang matahari
    Laki-laki yang kurang mendapatkan cahaya matahari juga berisiko terkena kanker prostat. Kekurangan cahaya matahari menyebabkan kekurangan vitamin D dan dikaitkan dengan perkembangan kanker.

Beberapa Jenis Penyakit Prostat

1.Pembesaran prostat jinak atau Benign Prostatic Hyperplastia (BPH)
Penyakit prostat satu ini bisa terjadi karena adanya pembesaran pada kelenjar prostat, hal ini mengakibatkan penyempitan pada saluran kemih. Karena kondisi inilah yang bisa menyebabkan penebalan pada otot kandung kemih

2.Radang Prostat
Peradangan prostat atau bisa disebut pula dengan istilah prostatis ini merupakan peradangan ataupun pembengkakan pada kelenjar prostat. Penyakit prostat ini lebih sering terkena pada pria yang berusia 30 hingga 50 tahun.

3.Kanker Prostat
Penyakit prostat yang perlu Anda waspadai ialah kanker prostat. Penyebab dari kanker prostat ini akibat dari perubahan DNA ataupun pertumbuhan sel secara abnormal yang ada pada kelenjar prostat.

Sumber : Diolah dari CNN Indonesia.com dan Liputan6.com

Foto : Honestdoc.id

%d blogger menyukai ini: