Jika di negara Amerika terkenal dengan pesta belanja offline tahunannya yaitu Black Friday atau Cyber Monday, maka Indonesia lebih dikenal dengan perayaan belanja online nya yaitu Harbolnas. Indonesia sudah dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi yang saat ini sudah mencapai 63 juta pengguna. Hari Belanja Online Nasional atau yang biasa dikenal dengan HarBolNas adalah hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online. Harbolnas pertama kali dicetuskan pada tahun 2012 dan sampai saat ini terus dilaksanakan setiap 1x dalam setahun yaitu tepat di tanggal 12 Desember.

Pesta Harbolnas sendiri pertama kali diikuti oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia yang bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) seperti Lazada, Zalora, dan Bukalapak. Tujuannya adalah ingin mengedukasi masyarakat agar mulai terbiasa dengan mudahnya berbelanja online dengan terjamin tanpa tertipu, dapat dilakukan dengan nyaman, dimana saja dan 24 jam!Keseruan harbolnas biasanya ditandai dengan tajuk cantik 12.12 dan biasanya para e-commerce akan menawarkan diskon dan promo secara besar-besaran atau cuci gudang untuk menarik pembeli dengan cashback atau gratis ongkos kirim.

Seluruh eCommerce bersatu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja online melalui perayaan tersebut. Diskon yang diberikan saat Harbolnas juga tidak main-main sampai dengan 80% dengan harga yang dimulai dari 12 Rupiah saja dengan mendapatkan respon yang sangat positif dan menggerakan pertumbuhan ekonomi! Tak jarang, beberapa penjual sampai kewalahan karena animo masyarakat yang luar biasa dalam berbelanja online.

Biasanya para pembeli sudah mengincar barang belanjanya di tas belanja online mereka, dan begitu waktunya tiba akan diserbu dengan promo yang besar-besaran, tidak hanya itu beberapa Bank di Indonesia pun turut serta dengan memberikan extra potongan diskon maupun cicilan bebas bunga. Belanja online terasa lebih mudah, yah? Siapkan kuota internet, karena kamu akan rebutan barang dengan jutaan rakyat Indonesia! Yuk, kita meriahkan pesta tahunan online ini untuk membantu memajukan perekonomian negara. Selamat berbelanja!

%d blogger menyukai ini: