Mandi merupakan kegiatan rutin yang pasti dilakukan seluruh orang setiap harinya. Mandi menggunakan air biasa atau air dingin maupun air hangat, sama-sama memberikan manfaat untuk tubuh, seperti untuk membersihkan diri. Seringkali orang-orang mandi air hangat dengan cara berendam. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, menghilangkan stres, bahkan baik untuk kesehatan. Budaya berendam di air hangat sudah lama dilakukan. Negara Asia yang banyak melakukannya seperti Jepang dan Korea. Bagaimana berendam air hangat dapat menyehatkan tubuh?

Saat berendam, suhu hangat akan membuat saraf berdenyut yang juga dapat mengurangi tekanan pada otot kardiovaskular sehingga bisa mengurangi rasa cemas. Biasanya, orang-orang melakukannya dengan menggabungkan air hangat dengan aromaterapi, untuk menimbulkan suasana rileks dan tenang. Tidak hanya itu, segudang manfaat pun dapat terasa jika kita rutin berendam di air hangat, misalnya :

  1. Berendam air hangat dapat membakar kalori sekaligus merelaksasi pikiran.
  2. Berendam dapat membuat tingkat gula darah juga lebih stabil.
  3. Menghirup uap air sebagai dekongestan alami, untuk meredakan flu dan sakit kepala.
  4. Membantu melancarkan sirkulasi darah menuju ke otak.
  5. Menurunkan tekanan darah.
  6. Memberikan efek tenang pada tubuh dan bisa menghilangkan stres.
  7. Mengatasi insomnia

Tapi, berendam air hangat ini tidak boleh terlalu sering dilakukan, apalagi untuk orang yang berkulit kering. Uap yang ditimbulkan oleh air yang hangat dapat mengganggu kelembapan kulit, sehingga setelah mandi kulit terasa kesat. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap kulit setelah mandi, agar kulit tidak kering.

Nah, Guys, apakah kamu tertarik mencobanya? Apalagi sebentar lagi sudah waktunya liburan. Luangkan waktumu untuk memberikan relaksasi sedikit terhadap tubuhmu. Jika tubuhmu relaks, maka penyakitpun menjauh. Yuk, biasakan hidup sehat.  Jangan lupa klik https://pedulisehat.id untuk membantu teman kita yang membutuhkan.

%d blogger menyukai ini: