Manfaatkan Sinar Matahari Secara Optimal

Scroll down to content

Matahari merupakan sumber energi cahaya terbesar, memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia. Sinar matahari dapat digunakan untuk proses fotosintesis, penerangan, menjemur pakaian, pertumbuhan tumbuhkan, dan lainnya. Sebagai penduduk Indonesia yang memiliki iklim tropis, memanfaatkan sinar matahari sangatlah mudah. Cukup terpapar selama 5-15 menit setiap harinya agar tidak menimbulkan resiko kerusakan pada kulit. Jika jumlah paparan sinar matahari tercukupi, maka manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh tubuh dan baik untuk kesehatan.

Salah satu yang paling baik dari terkena paparan sinar ultraviolet matahari adalah dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D. Vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, kesehatan sel darah, dan kuatnya daya tahan tubuh, serta tubuh akan lebih menyerap kalsium dan fosfor lebih optimal. Tidak hanya itu, berikut adalah dampak positif dari sinar matahari :

1.    Mencegah kanker, seperti kanker usus besar, kanker ovarium, kanker pankreas, kanker prostat.

2.    Membantu menyembuhkan penyakit kulit, seperti psoriasis, eksim, penyakit kuning, bahkan jerawat.

3.    Mengurangi tumpukan lemak di bawah permukaan kulit, dengan dibantu dengan Jogging setiap pagi, sehingga tercapai berat badan ideal.

Sinar matahari tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental. Misalnya dapat membuat hati lebih gembira. Karena sinar matahari memicu keluarnya hormon serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu dapat mengurangi resiko depresi. Tetapi jika terkena sinar matahari secara berlebihan juga tidak baik dan dapat menimbulkan Lentigo. Lentigo ditandai dengan muncul bintik-bintik hitam di kulit, dan baru dirasakan setelah bertahun-tahun.

Itulah beberapa manfaat energi cahaya matahari bagi kehidupan manusia di dunia. Luangkan waktu 5-10 menit setiap hari dan lakukan rutin setiap pagi sebelum beraktifitas. Semoga bermanfaat!

%d blogger menyukai ini: