Cermati Bahaya Kanker Mata Mengintai Orang Tersayang

Scroll down to content

Kanker mata adalah penyakit yang terjadi akibat sel-sel di jaringan mata tumbuh tanpa terkendali dan pertumbuhannya dapat menyebar ke daerah yang lain.

Kanker mata, terutama yang utama (primer), tidak ditemukan sebanyak jenis kanker yang lain. Kanker mata utama dapat mempengaruhi bagian terluar lain dari organ, termasuk kelopak mata, yang terbentuk dari jaringan saraf, otot, dan kulit.

Kanker yang bermula dari dalam bola mata, dikenal sebagai sebuah kanker intraokular, dimana jenis paling umum (pada pasien dewasa) adalah limfoma dan melanoma.

Kanker mata metastasis biasanya berkembang sebagai hasil dari sel-sel kanker paru dan kanker payudara yang menyebar ke mata. Bagaimanapun, kemungkinan juga didapatkan pada orang yang menderita kanker sumsum tulang belakang, darah, prostat, kulit, tiroid, ginjal, dan kanker usus besar (kolon) untuk berkembang menjadi kanker mata metastasis. Kanker mata merupakan penyakit yang jarang terjadi.

Jenis-Jenis Kanker Mata

  1. Melanoma intraokular
    Ini merupakan kanker jenis melanoma yang terjadi pada jaringan bola mata. Melanoma intraokular merupakan jenis kanker mata yang paling sering terjadi, namun masih tetap jarang dibanding dengan kanker kulit melanoma. Kanker jenis melanoma terjadi pada sel-sel penghasil pigmen atau melanosit yang terletak di jaringan uvea.
  2. Limfoma intraokular
    Dinamakan limfoma intraokular, karena kanker ini terjadi pada sel-sel di kelenjar getah bening di dalam mata. Limfoma intraokular yang muncul seringkali termasuk golongan limfoma non-Hodgkin. Kebanyakan penderita limfoma intraokular memiliki permasalahan pada sistem imunnya, contohnya menderita AIDS.

Limfoma intraokular juga sering muncul bersamaan dengan limfoma pada sistem saraf pusat yang dinamakan primary central nervous system lymphoma (PCNSL).

  1. Retinoblastoma
    Retinoblastoma merupakan kanker mata yang spesifik menyerang anak-anak. Retinoblastoma muncul akibat terjadinya mutasi gen pada retina yang menyebabkan sel-sel retina membelah dengan cepat dan menyebar ke jaringan mata serta bagian tubuh lainnya. Retinoblastoma dapat terjadi pada salah satu ataupun kedua mata. Jika terjadi pada kedua mata, retinoblastoma dapat dideteksi bahkan sebelum usia 1 tahun. Jika dideteksi sejak dini, retinoblastoma dapat diobati dengan baik dan memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi.

Gejala Kanker Mata

  • Terdapat bintik gelap pada iris. Bintik gelap ini nampak pada melanoma iris dan dapat terlihat pada pemeriksaan mata rutin.
  • Mengalami gangguan penglihatan.
  • Jangkauan dan lapang pandang
  • Melihat benda-benda yang seperti beterbangan (floaters), garis-garis, atau bintik-bintik.
  • Melihat kilatan-kilatan cahaya.

Kanker mata disebabkan oleh perubahan DNA pada gen yang mengatur pembelahan sel jaringan mata. Perubahan DNA pada gen tersebut menyebabkan gen pengatur pembelahan sel tidak berfungsi, sehingga sel-sel mata membelah diri tanpa terkendali. Akan tetapi, hingga saat ini penyebab mutasi DNA pada gen tersebut masih belum diketahui secara pasti.

Sumber :Hallodoc dan Alodokter
Foto :HarianAceh.co.id

%d blogger menyukai ini: