Mengulik Jamu Tradisional khas Indonesia

Scroll down to content

Jamu merupakan minuman herbal khas Indonesia. Jamu dipercaya sebagai obat tradisional dan biasanya terdiri dari berbagai jenis tanaman herbal dan rempah pilihan. Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti bagian dari tumbuhan seperti akar-akaran, daun-daunan, kulit batang, dan buah. Jamu dinilai sangat baik khasiatnya untuk tubuh dan kesehatan, karena diracik tanpa menggunakan bahan-bahan kimia, pemanis buatan dan penambah rasa. Kios-kios tradisional banyak menjual aneka ragam jamu, tetapi saat ini juga sudah banyak perusahaan obat yang membuat jamu instan, tetapi rasanya mungkin berbeda dengan jamu ala tradisional dari Mbok jamu. Berikut khasiat 3 jamu yang paling diminiati dan manfaatnya bagi kesehatan :

1. Beras kencur

Jamu beras kencur terdiri ekstrak kencur, beras, ekstrak jahe, dan ekstrak asam. Berguna untuk menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu dan meningkatkan stamina. Beras kencur juga baik digunakan untuk menghilangkan capek dan pegal-pegal.

2. Kunyit Asam

Bahan utama dari jamu kunyit asam adalah kunyit dan asam jawa, namun biasanya diberi beberapa tambahan seperti gula merah, temulawak dan rempah lain. Kunyit asam lebih banyak dikonsumsi oleh para wanita, atau yang sedang meengalami nyeri menstruasi. Selain mengatasi masalah haid, kunyit asam juga cocok untuk yang sedang karena banyak mengandung antioksidan yang membantu meremajakan sel-sel tubuh.

3. Temulawak

Jamu temulawak murni terbuat dari temulawak, namun juga dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kencur, asam jawa, gula aren, daun pandan serta jintan. Temulawak bermanfaat untuk membantu mencegah hepatitis, membantu produksi cairan empedu, menghilangkan gejala masuk angin, menyembuhkan sakit kepala hingga mengobati jerawat, memperbaiki fungsi liver dan fungsi pencernaan.

Nah, siapa dari kamu yang belum penah mencoba jamu? Rasanya mungkin pahit-pahit di awal, tetapi bisa bikin ketagihan loh! Presiden RI kita juga salah satu pecinta jamu. Gimana, tertarik untuk mencoba? Jangan lupa kunjungi https://pedulisehat.id untuk membantu teman-teman kita yah!

sumber: diolah dari berbagai sumber

%d blogger menyukai ini: