Hindari Berbagi Barang Pribadi Dengan Orang Lain Untuk Mencegah Penyakit Jantung Reumatik!

Scroll down to content

Penyakit jantung reumatik adalah kondisi di mana katup jantung mengalami kerusakan akibat komplikasi dari demam reumatik, yaitu infeksi tenggorokan oleh bakteri Streptococcus tipe A. Penularan ini terjadi melalui percikan ludah atau dahak yang keluar ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk. Selain secara langsung, penularan juga dapat terjadi melalui benda-benda yang terkontaminasi bakteri. Penyakit ini dapat menyerang jaringan ikat tubuh, khususnya pada jantung, persendian, kulit, dan otak. Penyakit jantung reumatik ini juga berpotensi menyebabkan detak jantung tidak teratur, stroke karena emboli jantung, infeksi lapisan dalam jantung, hingga gagal jantung yang mengakibatkan kematian.

Gejala yang muncul pada tiap orang dapat berbeda, tergantung keparahan penyakit dan kerusakan yang ditimbulkan pada jantung. Gejala utama penyakit ini adalah  nyeri dada, sulit bernapas setelah beraktivitas dan saat berbaring, serta tubuh lesu. Tak jarang bahkan gejala ini dapat terjadi dalam kurun waktu yang lama, seperti :

  • Demam disertai dengan keringat.
  • Mimisan.
  • Muntah.
  • Muncul rasa nyeri di perut.
  • Pembesaran kelenjar getah bening atau benjolan di leher.
  • Peradangan sendi, terutama di bagian pergelangan kaki dan lutut.

Penyakit jantung reumatik dapat dicegah dengan menghindari berbagai faktor penyebab infeksi Streptococcus yang menjadi awal mula munculnya penyakit jantung reumatik. Upaya yang dapat dilakukan, antara lain mencuci tangan setelah beraktivitas, menerapkan diet sehat, jangan sampai kelelahan dan istirahat yang cukup, dan hindari berbagi pakai barang pribadi dengan orang lain.

Foto : Google

sumber: diolah dari berbagai sumber

%d blogger menyukai ini: