Ketahui Bahaya Membungkus Makanan Panas Dengan Wadah Plastik!

Scroll down to content

Dari zaman ke zaman, plastik mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga yang membuat penggunaan bungkus atau kemasan plastik di masyarakat semakin banyak dan meningkat. Mulai dari sedotan, kantung plastik, tempat makan dan minum, dan salah satunya yang paling banyak adalah pembungkus makanan. Membungkus makanan panas dengan plastik atau wadah berbahan plastik dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dalam pembuatan plastik terdapat bahan kimia dan jika terkena suhu tinggi, maka zat terkandung dalam plastik akan melepaskan berbagai baham kimiawi dan bersifat sebagai racun. Akibatnya, kandungan bahan kimiawi tersebut akan masuk pada jaringan tubuh manusia dan memiliki dampak negatif pada tubuh manusia.

Biasanya penggunakan makanan panas pada plastik antara lain seperti  kuah-kuahan atau gorengan. Jika penggunanan bahan berplastik ini dilakukan secara terus menerus setiap hari, dan dalam jangka waktu lama, maka dapat mengakitbatkan akan menyebabkan perubahan jaringan yang rentan terkena penyakit kanker, kemandulan, kerusakan kromosom atau genetik sampai dengan kemandulan. Jika anak-anak kita sering diberikan makanan panas di wadah plastik, memungkinkan proses tumbuh kembang dapat terganggu akibat paparan bahan-bahan kimia tersebut.

Mengurangi penggunaaan plastik dalam kehidupan memang bukan hal yang mudah. Maka dari itu, alangkah lebih baik kita lebih selektif dan meminimalisir penggunaan plastik. Misalnya dengan menggunakan wadah yang memenuhi syarat keamanan untuk kesehatan. Misalnya yang berbahan kaca, keramik, atau stainless steel untuk tempat makanan. Jika memanaskan makanan di microwave gunakan piring atau mangkok kaca, atau menggunakan kemasan dengan label food grade. Mulailah secara perlahan Yuk, biasakan pola hidup sehat dari kebiasaan sehari-hari. Kunjungi https://pedulisehat.id untuk membantu teman-teman kita yang membutuhkan.

Foto : Google

%d blogger menyukai ini: