Mengonsumsi air yang cukup setiap hari sangat penting untuk mendukung semua fungsi tubuh, termasuk pencernaan dan metabolisme. Biasanya saat cuaca tidak bersahabat karena teriknya matahari, kebanyakan orang pasti meminum air es atau air dingin. Namun, terlalu sering minum air dingin juga tidak baik ternyata untuk kesehatan. Dikarenakan, air dingin dapat membekukan lemak yang ada pada darah kita, dan membuat peredaran darah menjadi tidak lancar. Tidak hanya itu, metabolisme tubuh juga dapat terganggu. Mengonsumsi air dingin terlalu sering dalam jangka panjang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Nah, penasaran bukan kira-kira apa saja bahaya yang mengintai jika kita terlalu sering minum air dingin atau air es. Yuk, kita simak penjelasan berikut ini :

1. Gangguan fungsi pencernaan yang dapat memperlambat proses pencernaan, nyeri di bagian perut, dan mual. Tidak hanya itu, air es dapat membekukan makanan dan tidak dapat membantu untuk menghancurkan lemak secara maksimal, sehingga menyebabkan perut kembung.

2. Memperlambat detak jantung. Air dingin dapat mempengaruhi saraf yang mengontrol aktivitas bawah sadar tubuh seperti detak jantung, sehingga mempengaruhi kinerja saraf tersebut sehingga membuat detak jantung menjadi lambat.

3. Meningkatkan berat badan. Air dingin dapat membekukan lemak yang ada pada peredaran darah. Proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga menyebabkan tubuh mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan yang berakibat kegemukan.

4. Mudah haus. Pada umumnya meminum air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah dan membuat aliran darah dan oksigen menjadi menurun, sehingga mudah sekali haus.

Itulah penjelasan singkat mengenai bahaya jika sering minum air es, lebih baik jangan terlalu sering meminum air es dan ganti dengan air mineral biasa agar kesehatan tetap terjaga. Yuk, biasakan pola hidup sehat. Kunjungi https://pedulisehat.id untuk membantu donasi saudara kita yang sedang butuh pertolongan.

%d blogger menyukai ini: