Pengobatan Nyeri Sendi Dengan Operasi Penggantian Sendi

Scroll down to content

Saat ini sudah cukup banyak sendi di tubuh manusia yang dapat diganti dengan sendi buatan. Sendi-sendi yang dapat diganti adalah sendi bahu, siku, jari-jari tangan, pinggul, lutut dan pergelangan kaki. Sampai sekarang telah dilakukan jutaan operasi penggantian sendi di seluruh dunia. Ketika rasa nyeri pada telah mencapai derajat yang parah yaitu grade 4, pilihan pengobatan terbaik pada kondisi tersebut adalah operasi penggantian sendi. Operasi penggantian sendi adalah suatu jenis operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi yang telah mengalami kerusakan dengan sendi buatan yang disebut prothesa dan untuk menghilangkan nyeri sendi yang rusak, memperbaiki lingkup gerak sendi yang rusak, serta mengembalikan kemampuan penderita melakukan aktivitas harian tanpa rasa sakit.

Sendi lutut dapat mengalami kerusakan akibat cedera atau peradangan (arthritis), yang dapat menghambat pasien untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sendi lutut yang rusak akan menyebabkan timbulnya nyeri pada lutut ketika beraktivitas, seperti berjalan, menaiki tangga, duduk, atau berbaring. Penyebab umum seseorang harus menjalani operasi penggantian lutut adaah radang sendi. lah  Metode pengggantian sendi lutut yang umumnya dilakukan kepada pasien, antara lain adalah:

  • Penggantian lutut total. Penggantian lutut total dilakukan dengan cara mengganti seluruh bagian sendi lutut, termasuk tulang tempurung lutut, sebagian tulang paha, tulang kering, dan tulang betis. Selain mengganti tulang, sendi dan bantalan sendi lutut juga diganti dengan logam atau plastik.
  • Penggantian lutut parsial. Penggantian lutut parsial dilakukan dengan cara memotong tulang dan sendi hanya pada bagian yang mengalami peradangan. Jika radang terjadi pada sendi lutut di bagian tulang paha, maka dokter hanya akan memotong tulang dan mengganti bantalan sendi pada bagian ini. Penggantian lutut parsial memungkinkan pasien menjalani masa pemulihan yang lebih cepat daripada penggantian lutut total. Namun, ada kemungkinan pasien harus menjalani operasi ulang jika radang pada sendi lutut menyebar ke bagian lain.
  • Penggantian lutut bilateral. Penggantian lutut bilateral adalah operasi penggantian lutut yang dilakukan pada kedua lutut di waktu yang bersamaan. Pasien yang menjalani penggantian lutut bilateral hanyalah pasien yang sudah didiagnosis menderita radang sendi pada kedua lutut. Penggantian lutut bilateral memungkinkan pasien untuk menjalani operasi kedua sendi pada satu waktu. Namun, pasien akan menjalani masa pemulihan yang lebih lama.

Setelah pemasangan sendi lutut prostetik selesai dilakukan, dokter kemudian akan menguji apakah lutut prostetik berfungsi dengan baik atau tidak. Caranya adalah dengan menekuk dan memutar lutut dalam kondisi pasien masih tidak sadar. Jika pengetesan lutut prostetik sudah selesai dilakukan, dokter akan menutup kembali irisan yang sudah dibuat dengan benang jahit, kemudian ditutup dengan perban steril untuk mencegah infeksi pada sendi lutut.

Pasien akan mengalami nyeri di sekitar lututnya setelah menjalani operasi. Masa pemulihan pasca operasi pengantian lutut umumnya berlangsung sekitar 3-6 minggu. Setelah pemulihan selesai, pasien sudah dapat melakukan aktivitas fisik ringan di sekitar rumah. Pasien baru boleh mengemudikan kendaraan jika sudah terbiasa dengan lutut prostetik, dan jika sudah tidak mengonsumsi obat pereda nyeri. Sedangkan untuk aktivitas fisik yang tergolong berat, sebaiknya dihindari. Misalnya, melakukan olahraga yang rentan terjadi benturan lutut, seperti sepak bola.

Saat ini, tingkat keberhasilan operasi penggantian lutut cukup baik, yaitu sekitar 90 persen. Kebanyakan pasien yang sudah menjalani operasi penggantian lutut tidak lagi merasakan nyeri pada lututnya. Dengan menyesuaikan aktivitas fisik, hasil dari operasi penggantian lutut dapat bertahan hingga belasan tahun.

sumber: diolah dari berbagai sumber

%d blogger menyukai ini: