Rajin Minum Air Putih Untuk Mencegah Kanker Usus

Scroll down to content

Usus pada tubuh manusia menjalar panjang dari bagian akhir lambung hingga anus. Usus sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu usus halus dan usus besar. Sebagian besar, proses pencernaan  terjadi di dalam usus halus. Usus ini bertugas mengolah sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna atau diserap, menyerap air dan elektrolit dari sisa makanan yang sudah dicerna usus halus, dan menampung feses untuk kemudian dikeluarkan saat buang air besar. Kondisi yang sering terjadi pada usus, mislanya iritasi usus, infeksis usus, pendarahan, sampai dengan yang paling parah adalah kanker usus.

Penyakit kanker usus sering kali berawal dari tumor jinak yang disebut polip. Sekitar lebih dari 18 ribu orang meninggal setiap tahun akibat kanker usus.  Tak jarang, gaya hidup pun dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus, misalnya tidak suka makan serat, jarang berolahraga, dan merokok, suka mengkonsumsi minuman beralkohol, atau terlalu banyak mengkonsumsi daging merah. Kanker usus besar sering kali tidak menimbulkan gejala di awal, tidak ada tanda yang muncul sama sekali. Namun, kanker usus juga bisa ditandai dengan gejala  gangguan pada pencernaan, seperti diare atau sembelit, perut kembung, keram perut, BAB berdarah, perubahan bentuk dan warna tinja. Ketika memasukin stadium lanjut, gejala yang dirasakan antara lain:

  • Kelelahan
  • Sering merasa BAB tidak tuntas
  • Perubahan pada bentuk tinja

Kanker usus besar dapat dicegah denganmenerapakan pola hidup sehat. Cara yang dapat dilakukan untuk memperkecil risiko terkena penyakit ini adalah dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang mengandung serat, memperbanyak minum air mineral, menjagaberat badan ideal, berhenti merokok, mengurangi atau menghindari minuman beralkohol.

sumber: diolah dari berbagai sumber

%d blogger menyukai ini: