Toilet adalah salah satu ruangan yang pasti ada di seluruh tempat dan rawan menjadi sarang kuman. Toilet menyimpan bakteri penyebab penyakit karena digunakan oleh banyak orang. Toilet kotor sudah menjadi hal biasa yang bisa kita lihat dimana-mana, terutama toilet-toilet umum. Biasanya akan ada saja orang-orang yang setelah menggunakan toilet tidak menyiramnya, atau buang tisu/sampah sembarangan di dalam toilet, merokok di toilet, sehingga menyebabkan bau tak sedap, tak jarang banyak serangga atau binatang seperti kecoak dalam toilet. Akibat toilet atau akibat dari wc yang kotor dapat menyebabkan penyakit. Dampaknya berupa penyebaran berbagai berbagai bakteri sehingga menyebabkan terjangkit penyakit infeksi e-coli, disentri, hepatitis A dan kolera.

E-coli termasuk bakteri yang dengan mudah ditemukan di toilet kotor. Bakteri ini menyebabkan infeksi yang membuat buang air besar berdarah, kram perut, serta muntah. Disentri terjadi akibat infeksi bakteri Shigella atau parasit Entamoeba histolytica pada usus dan gejalanya adalah demam, mual, muntah, dan BAB berdarah. Disentri bisa dicegah dengan cara selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah menggunakan toilet. Dampak lain yang bisa muncul dari toilet yang kotor adalah hepatitis A. Penyakit ini terjadi akibat infeksi virus hepatitis A yang menular dari makanan dan minuman terkontaminasi, gejalanya berupa mual, muntah, dan kulit yang kekuningan. Kolera adalah infeksi yang menyebabkan seseorang mengalami diare dengan warna pucat seperti air cucian beras.  Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Vibrio cholerae yang menular melalui air yang terkontaminasi.

Nah, karena sudah musim liburan pasti banyak dari teman-teman yang berpergian keluar kota dan mampir ke WC umum, pastikan untuk selalu membersihkan wc sebelum kamu gunakan. Jangan sampai kamu sakit karena infeksi toilet kotor sehingga membuat liburanmu gagal. Bersihkan dudukan toilet dengan tissue basah sebelum digunakan. Selain di dudukan toilet, gagang pintu juga rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri ini. Maka dari itu, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sampai bersih setiap kali setelah menggunakan kamar mandi yah. Walau kadang terlihat bersih, toilet atau kamar mandi bisa menjadi sumber kuman penyebab penyakit. Yuk, biasakah pola hidup sehat dari kehidupan sehari – hari. Selamat menuju liburan!

%d blogger menyukai ini: