Mengatasi Ular Kobra di Lingkungan Ibu Kota

Scroll down to content

Desember 2019, Jakarta dikejutkan dengan maraknya penemuan anak ular kobra di beberapa tempat lingkungan warga. Penemuan ular kobra ini dinilai karena dipengaruhi oleh cuaca yang sudah memasuki musim penghujan, dimana telur ular menetas secara alami pada musim ini. Tak heran, banyak ditemui anak ular kobra yang mencapai ratusan ekor. Karena fenomena ini, warga terpaksa menangkapnya dan menaruhnya di dalam botol untuk mencegah bahaya yang mungkin terjadi. Tapi jangan heran, ular tersebut ditangkap bukan untuk dibunuh melainkan di lepaskan kembali di alam terbuka, yaitu di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Biasanya ular kobra hidup di rawa-rawa, danau, pepohonan atau hutan. Ular berbisa tersebut dapat menghasilkan 20-40 telur pada masa inkubasinya sekitar 60 – 80 hari. Ketika telur tersebut menetas, anak ular kobra akan berkeliaran kemana-mana termasuk perumahan warga dan selokan. Ular kobra biasanya akan menyerang, bila mereka terpojok atau panik. Seperti yang sudah diketahui, ular kobra merupakan jenis ular yang memiliki bisa mematikan. Bisa pada kobra mengandung neurotoksin yang kuat yang mampu menyerang saraf pernafasan manusia hingga kesulitan bernafas, dan mampu mematikan manusia dalam hitungan menit.

Jika kamu melihat ular kobra di lingkungan tempat tinggalmu atau dirumahmu, lakukan hal-hal berikut ini :

  1. Jika ular bersembunyi di bawah meja atau kursi, jangan mengusirnya secara kasar, karena kobra akan langsung menyerang.
  2. Jangan menabur garam pada ular kobra, karena itu hanya akan membuatnya panik.
  3. Tutupi kepala ular dengan kain atau handuk basah untuk menghambat gerakan kobra.
  4. Ambil tongkat panjang seperti gagang sapu, dan arahkan ular tersebut untuk keluar.
  5. Semprotkan wewangian yang menyengat pada kobra, karena kobra tidak menyukai sesuatu yang beraroma wangi.

Untuk meminimalisir resiko, jangan ragu untuk memanggil petugas pemadam kebakaran yang terdekat dengan lokasimu atau memanggil bantuan pihak berwajib lainnya. Selain itu, usahakan untuk tidak membunuh ular tersebut, kecuali dalam keadaan mendesak. Ular kobra berperan penting dalam keseimbangan ekosistem. So, hati-hati yah guys, jangan sampai kalian menjadi salah satu korban gigitan kobra.   

%d blogger menyukai ini: