Waspadai Kanker Payudara yang Meningkatkan Angka Kematian Perempuan Dunia

Scroll down to content

Data dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2015 menunjukkan bahwa telah ada 507 ribu wanita yang meninggal dunia akibat kanker payudara. Kanker payudara telah menjadi salah satu penyebab utama dari tingginya angka kematian pada kaum wanita.

Memang menakutkan, namun jika ciri-ciri kanker payudara stadium awal bisa dideteksi, penyakit ini dapat disembuhkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri awal kanker payudara sedini mungkin.

Tanda dan ciri-ciri kanker payudara

Semakin dini tanda dan ciri kanker payudara stadium awal dikenali, maka semakin mudah sel kanker tersebut dihilangkan dari tubuh. Sel kanker stadium nol, biasanya belum menunjukkan tanda atau ciri apapun.

Namun, Anda sudah dapat mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium satu. Ciri-ciri kanker payudara paling umum adalah munculnya benjolan di payudara.

Sayangnya, tak hanya kanker yang menjadi ciri kelainan pada payudara yang dapat dideteksi dengan ada tidaknya benjolan. Ini karena benjolan di payudara dapat dipicu oleh perubahan hormonal pada remaja hingga rusaknya jaringan lemak.

Lantas, seperti apa ciri-ciri benjolan kanker payudara yang sebenarnya? Umumnya, ciri-ciri benjolan kanker payudara akan terlihat memiliki tekstur lunak hingga keras, dengan batas yang tidak jelas. Permukaan benjolan pada kanker payudara juga biasanya tidak rata.
Benjolan juga tidak akan terasa sakit saat ditekan

Berikut ciri awal kanker payudara :

*Perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara.
*Perubahan bentuk pada puting payudara.
*Puting mengeluarkan cairan berwarna cokelat kemerahan atau berdarah.
*Ukuran payudara besar sebelah yang tidak normal, yakni karena adanya benjolan.
*Pada stadium lanjut mulai tampak adanya kelainan pada kulit payudara (seperti kulit jeruk atau kulit menjadi kemerahan), terkadang kulit juga jadi mencekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.
*Bengkak di sekitar ketiak yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut, yang menunjukkan ciri kanker payudara sudah menjalar ke area di sekitarnya.

Cobalah untuk membiasakan diri melakukan pemeriksaan payudara satu kali sebulan. Periksa diri Anda beberapa hari setelah menstruasi Anda berakhir, ketika payudara Anda kemungkinan berukuran lebih kecil dan lunak. Jika Anda tidak lagi mengalami menstruasi, pilih hari yang mudah diingat, seperti awal atau akhir bulan.

Jangan panik ketika Anda merasakan benjolan pada payudara Anda. Sebagian besar wanita memiliki benjolan atau daerah yang terasa lebih padat di payudara mereka sepanjang waktu, dan sebagian besar benjolan payudara tersebut adalah jaringan jinak (bukan kanker).

Sumber :Diolah dari Hellosehat.com

Foto :Honestdoc

%d blogger menyukai ini: