Kenali Jenis SPF Agar Tidak Salah Pilih

Scroll down to content

SPF memiliki arti Sun Protector Factor yang dirancang untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyengat. Ketika pertama kali membeli sunscreen, seringkali kita melihat informasi bertuliskan SPF 25 hingga 50, yang memiliki tingkatan atau dinamakan level perlindungan terhadap kulit. Angka yang tertera tersebut juga memiliki arti seberapa lama sunscreen atau tabir surya kamu bertahan dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Maka dari itu, jika cuaca sangat panas dan menyengat misalnya saja matahari di pantai yang bisa membuat kulit terbakar. Dianjurkan untuk menggunakan SPF yang paling tinggi supaya kulit tetap terlindungi. Mungkin ada di antara Anda yang hingga kini masih mempertanyakan apa sih perbedaan SPF pada setiap tabir surya yang dijual di pasaran. Selain itu, ada juga yang mungkin mempertanyakan, apakah besar kecilnya SPF apa berpengaruh pada kulit setelah menggunakannya? Nah, untuk menjawab berbagai hal tersebut, yuk simak pembahasannya bersama-sama, mengenai perbedaan angka kandungan SPF, berikut ini :

Biasanya, kulit normal manusia bisa bertahan di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit hingga kulit perlu mendapat perlindungan dari produk tabir surya. Nah, itu berarti jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit terlindungi sebelum terbakar. Semakin tinggi nilai kandungan SPF-nya, mengindikasikan seberapa kuat perlindungi yang disediakan oleh tabir surya tersebut. Tak sampai di situ, produk sunscreen juga memiliki sebutan UVA dan UVB yang mengindikasikan tipe sinar matahari. Nilai SPF yang terkandung dalam sebuah produk, menentukan berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kulit. Secara singkat, semakin tinggi nilai yang tercantum maka semakin lama perlindungannya. Memilih SPF bisa jadi membingungkan karena beberapa opsi yang berbeda. Untuk itu, berikut ini merupakan perbedaan angka dibelakang tulisan SPF yang bisa Anda perhatikan.

SPF 15 dapat menahan hingga 93% radiasi sinar UVB dan memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 = 150 menit atau 2,5 jam.

SPF 25 dapat menahan hingga 97% radiasi sinar UVB dan memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit.

SPF 50 dapat menahan hingga 98% radiasi sinar UVB dan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.

Melihat perhitungan di atas, Anda dapat memilih kira-kira SPF mana yang cocok untuk melindungi tubuh saat berlibur di pantai atau sekadar berjalan-jalan di mall. Bagi kamu berencana pergi liburan ke pantai, sangat disarankan untuk menggunakan sun protector dengan kandungan diatas 5 jam untuk melindungi kulit agar tidak terbakar.

sumber: diolah dari berbagai sumber

Foto: Google

%d blogger menyukai ini: