Mau Liburan? Ketahui Pentingnya Punya Asuransi Perjalanan

Scroll down to content

Sudah merencanakan liburan akhir tahun? Ada baiknya merencanakan asuransi perjalanan juga untuk melindungi diri sendiri. Ada yang mengganggap remeh resiko yang mungkin terjadi pada saat liburan, misalnya terjadi kecelakaan saat liburan, maka biaya pengobatan dapat ditanggung oleh asuransi kesehatan. Pada kenyataannya, biaya pengobatan tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan. Lebih baik berkorban uang sedikit daripada mengeluarkan biaya yang besar jika sesuatu terjadi, misalnya biaya pengobatan dengan kurs negara tersebut, atau biaya gagal liburan karena harus berobat. Nah, apa sebenarnya pentingnya mempunyai asuransi perjalanan saat liburan?

1. Merencanakan perlindungan untuk risiko tak terduga saat liburan, seperti ketinggalan atau pembatalan penerbangan, sakit saat dalam perjalanan, permasalahan dengan hotel, hingga pencurian. Jika Anda mengalami kecelakaan saat liburan, khususnya berdampak medis, Anda harus menanggung biayanya sendiri jika tak punya asuransi perjalanan.

2. Saat membeli tiket, pastikan pemesanan tiketmu sudah terproteksi dari pembatalan penerbangan. jangkauan perlindungan asuransi perjalanan cukup luas. Anda akan terlindungi dari pembatalan penerbangan, serta permasalahan terkait akomodasi hingga kecelakaan.

3. Sesuaikan juga produk asuransi dengan tujuan liburan Anda dan aktivitas apa yang akan Anda lakukan selama liburan. Sebab, aktivitas liburan Anda akan memengaruhi produk asuransi yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda akan melakukan olahraga ekstrim saat liburan, maka Anda butuh asuransi yang melindungi Anda dari risiko kecelakaan. Ada pula asuransi khusus bagi Anda yang akan liburan dengan kapal pesiar.

4. Cermati premi Biaya premi asuransi. Karena besarannya biaya premi bisa berbeda-beda, tergantung pada perlindungan yang diberikan dan jelaskan kondisi kesehatan Anda kepada pihak perusahaan asuransi. Jika tidak, takutnya dapat berpengaruh pada polis Anda dan proses klaim nantinya.


Asuransi perjalanan dibuat memang saat dibutuhkan, tetapi jika dibutuhkan kita sudah punya dan sudah siap. Jangan sampai liburanmu terganggu karena hal-hal diluar dugaan. Selamat berlibur!

Sumber: diolah dari berbagai sumber

Foto: Google

%d blogger menyukai ini: