Ria Irawan Meninggal Dunia Karena Kanker

Scroll down to content

Indonesia lagi-lagi kehilangan salah seorang seninam multitalenta, Ria Irawan pada 6 Januari 2020. Setelah 10 tahun melawan penyakit yang dideritanya, Ria Irawan menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada jam 4 dini hari karena penyakit kanker. Ria Irawan divonis menderita mioma rahim pada 2009 dan telah menjalani operasi pengangkatan rahim dan indung telur pada 2014. Belakangan baru diketahui, bahwa dari hasil biopsi, kanker Ria Irawan sudah menyebar ke kelanjar getah bening dan dinyatakan stadium 3C. Serangkaian pengobatan dan kemotrerapi dilakukan untuk penyembuhan. Pada 2015 Ria Irawan sempat dinyatakan sembuh dan kembali beraktifitas bermain film. Pada 2019, sel kanker ternyata kembali aktif dan sudah menyebar ke otak dan paru-paru.

Penyebaran kanker bisa melalui dua jalur, yakni pembuluh darah dan kelenjar getah bening yang tersebar ke seluruh badan. Pada kasus kanker rahim, sel kanker bisa menyebar melalui keduanya. Pada stadium awal, pertahanan tubuh akan berusaha untuk memblokir sel kanker agar berhenti pada kelenjar getah bening. Namun, apabila dibiarkan terus-menerus maka ketahanan tubuh akan kalah dan getah bening akan dikuasai oleh sel kanker. Akibatnya, sel tersebut dapat menyebar ke organ lainnya, termasuk otak dan paru-paru. Selain kanker rahi, berikut adalah 2 jenis kanker yang paling sering menyerang wanita :

1. Kanker Serviks

Untuk mencegah kanker serviks, diwajibkan untuk melakukan tes pap smear. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi sel-sel dalam leher rahim yang berpotensi menjadi kanker. Tes pap semar direkomendasikan untuk diambil setiap tiga tahun sekali untuk wanita usia 21-30 tahun. Pencegahannya, dengan menjaga kebersihan vagina dan melakukan vaksinasi HPV.

2. Kanker Payudara

Kanker payudara bahkan menjadi kanker dengan kasus kematian tertinggi di Indonesia. Kanker ini tidak hanya lekat pada orang-orang dengan usia tua saja, namun juga dapat menyerang kelompok usia dewasa muda. Pencegahnnya, dengan berolahraga secara teratur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, serta mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan.

Pencegahan lainnya dapat dilakukan seperti menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat kaya serat, berolahraga secara teratur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk bersama menggalang dana untuk teman-teman seperjuangan kita di platform https://pedulisehat.id .

 

sumber : diolah dari berbagai sumber

%d blogger menyukai ini: