Pedulisehat.id Satu-satunya Platform Donasi Kesehatan yang Raih ISO untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI)

Scroll down to content

Pedulisehat.id secara resmi mendapatkan ISO 27001:2013 sertifikasi No. 0094982 pada 26 September 2019 mengenai Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) oleh PT Intertek Services Utama (Intertek). Sertifikasi ISO ini  memiliki ruang lingkup manajemen yang diterapkan pada sistem manajemen keamanan informasi dalam pengembangan dan operasional platform digital untuk penggalangan dana publik online untuk keperluan sosial-kesehatan. Pedulisehat.id pun menjadi satu-satunya platform donasi kesehatan yang berhasil meraih ISO untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi ini.

Sertifikasi ISO 27001: 2013 Pedulisehat.id merupakan sebuah bentuk motivasi untuk meningkatkan keamanan sistem informasi Perusahaan. Hal ini penting dilakukan, untuk menjaga reputasi Pedulisehat.id sebagai penyedia layanan yang aman sebagai platform digital untuk penggalangan dana publik online, sesuai dengan visinya. Manajemen dan keamanan informasi yang benar dan valid telah menjadi masalah penting organisasi seperti Pedulisehat.id, mengingat bahwa hampir semua kegiatan operasional Pedulisehat.id memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat utama Perusahaan. Setiap hari, Pedulisehat.id mengelola data dari semua pengguna Website/Aplikasi.

Raymond Chen selaku CEO Pedulisehat.id mengatakan bahwa berbagai gangguan terhadap informasi yang mungkin terjadi harus diminimalkan untuk kelangsungan operasional Perusahaan. “Salah satu langkah keamanan informasi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan SMKI (Sistem Manajemen Keamanan Informasi)” ujarnya. SMKI adalah sistem terpadu yang desainnya didasarkan pada pendekatan risiko bisnis untuk melindungi aset informasi untuk menjaga keamanannya, dengan memastikan bahwa aspek kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan terpenuhi. 

Yang dimaksud dengan kerahasiaan adalah memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh mereka yang memiliki hak akses ke informasi itu. Integritas berarti memastikan bahwa informasi tetap utuh, akurat, dan tidak dapat dimodifikasi tanpa otorisasi yang jelas. Ketersediaan berarti memastikan bahwa informasi dapat diakses kapan pun diperlukan. “Implementasi SMKI di Pedulisehat.id ini harus dipertahankan dan berkelanjutan, dan karenanya Pedulisehat.id harus melakukan sertifikasi dengan cakupan yang lebih luas di masa depan,”terangnya. 

Hal Ini dilakukan untuk mematuhi ketentuan Peraturan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Republik Indonesia No. 4/2016 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi, yang menetapkan bahwa Penyedia Sistem Elektronik Strategis dan Penyedia Sistem Elektronik Tinggi harus mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi. “Melalui implementasi komprehensif SMKI, Pedulisehat.id berharap dapat bekerja secara efektif dan tata kelola keamanan informasi yang efisien, dengan demikian memperkuat perannya sebagai platform digital penggalangan dana publik online untuk keperluan sosial-kesehatan, dan mematuhi standar keamanan informasi yang berlaku secara internasional,”tutupnya.

%d blogger menyukai ini: