Memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia

Scroll down to content

Suhu di bumi semakin lama dirasakan semakin panas dari biasanya. Isu-isu mengenai pemanasan global pun sudah diperbincangkan sejak lama. Penebangan pohon secara ilegal menjadi salah satu faktor yang menyebabkan uhu bumi semakin mningkat setiap tahunnya. Pohon dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir. Pohon dapat membantu menyerap air hujan ke dalan tanah dan juga dapat mengurangi kadar karbon dioksida di bumi. Sayangnya, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab membabat seluruh pohon-pohon tersebut untuk kepentingan pribadi. Akibatnya tidak ada pelestarian pohon di sekitar kita.

Salah satu cara untuk menyelamatkan kelestariannya adalah dengan menanamkan pohon kembali. Tentunya hal ini tidak lepas dari perhatian untuk melestarikannya. Sebagai warga yang bertanggung jawab, kita wajib memantau perkembangan pohon yang tertanam di sekitar kita. Jika pelestarian ini dapat dilakukan, penghijauan dapat terjadi. Tanggal 10 Januari ditetapkan menjadi Hari Sejuta Pohon Sedunia. Setiap tanggal tersebut, masyarakat dunia beramai-ramai memperingati Hari Sejuta Pohon ini dengan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan pelestarian alam.

Untuk mendukung pelestarian alam ini, di tanggal 10 January 2020 ini Polrestabes Surabaya berikut 23 jajaran polsek lainnya juga ikut menanam 1000 pohon. Jenis pohon yang ditanam beraneka ragam, contohnya seperti pohon Tabebuya, mangga, matoa dan pohon lainnya. Hal ini merupakan salah satu bentuk kepedulian polisi kepada lingkungan. Hal ini dilakukan juga bertujuan untuk mengganti pohon-pohon yang dahulu pernah tumbang karenakan oleh cuaca ekstrim. Diharapkan pohon ini kelak menjadi salah satu antisipasi bencana yang mungkin bisa terjadi kapan saja.

Nah, bagaimana menurut sobat Insan Peduli? Apa yang akan kamu lakukan untuk mengikuti hari peringatan lingkungan hidup ini? Tentunya hal ini tidak akan terjadi jika tidak ada kesadaran dalam diri kita pribadi. Maka dari itu kita bisa memulainya dengan mencintai lingkungan disekitar kita. Tidak hanya dengan menanam pohon saja, tetapi juga memerhatikan kelestariannya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hal kecil yang menjadi berguna bagi seluruh rakyat Indonesia. Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia!

Photo by Denis-Carl Robidoux

%d blogger menyukai ini: