Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Kalori Pada Saat Cuaca Dingin? Simak Penjelasannya!

Scroll down to content

Musim penghujan sudah memasuki musimnya pada awal tahun ini. Hujan yang mengguyur sepanjang hari membuat suhu udara menjadi adem. Ditambah dengan pendingin ruangan atau AC, suasana menjadi lebih dingin. Pernahkah kamu merasa di cuaca yang dingin kamu menjadi lapar dan ingin makan? Tenang saja, bukan Cuma kamu loh yang merasakannya. Karena banyak yang mengalaminya, beberapa penelitian pun mengangkat mengapa hal ini bisa terjadi dalam tubuh manusia. Lalu, bagaimana hubungannya cuaca dingin dan meningkatkannya nafsu makan seseorang?
Rasa lapar saat udara dingin dikarenakan adanya perubahan pada suhu tubuh. Tubuh akan berusaha menormalkan dengan suhu di sekitar kita yang lebih dingin. Hal ini menyebabkan tubuh memerlukan tenaga untuk membakar energi sehingga membuat orang cepat merasa lapar.  Ketika pembakaran ini terjadi, timbulnya rasa lapar. Hal ini akan membuat seseorang makan dengan lahap pada saat berada di daerah dingin atau saat musim dingin. Tak jarang, cuaca dingin bisa mengakibatkan berat badan pun bertambah.

Jika pada saat tersebut cuaca sangat dingin, tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Nah, disaat sedang dingin-dinginnya, biasanya seseorang pasti melahap makanan yang hangat seperti, mie instan atau bakso kuah. Jika makanan yang kita makan mengandung terlalu banyak kalori dan karbohidrat, maka pembakaran kalori menjadi tidak signifikan sehingga bisa mengakibatkan bertambahnya berat badan. Jenis makanan yang mengandung banyak kalori akan membuat gula darah naik, sehingga pankreas akan bekerja lebih keras untuk menurunkan gula darah. Hal ini yang menyebabkan terasa lapar kembali dan tidak bisa kenyang lama.

Jika tidak mau berat badan kamu bertambah, kamu bisa mengubahnya dengan mengkonsumsi makanan sehat saat sedang lapar di cuaca dingin,salah satu contohnya dengan mengkonsumsi sup berisikan sayuran. Selama kamu mengkonsumsi makanan sehat saat cuaca dingin, kamu tidak perlu khawatir dengan berat badan. Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan tersebut dengan porsi kecil namun sering. Jangan lupa, harus diselingi dengan gerakan tubuh seperti peregangan ringan atau dengan berjalan. Hal ini dapat membantu untuk mengatasi perubahan suhu dalam tubuh. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktifitas seperti merendamkan tangan pada air hangat, sehingga tidak akan terlalu merasa menggigil. Selamat mencoba!

 

Photo by Google

%d blogger menyukai ini: