Manfaat Sari Kacang Kedelai Bagi Tubuh

Scroll down to content

Susu kedelai merupakan saripati kacang kedelai yang menyerupai susu. Minuman ini tidak hanya nikmat diminum selagi dingin tetapi juga menyehatkan. Susu kedelai juga diminati oleh kaum vegetarian, karena kaya akan nutrisi. Susu kedelai mengandung vitamin, mineral, sumber serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Belum lagi dengan banyak manfaat yang bisa diberikannya bagi tubuh manusia. Berikut merupakan lima manfaat susu kedelai untuk tubuh :

1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat susu kedelai adalah untuk menurunkan kolesterol. Susu kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid darah. Kandungan lemak dalam susu kedelai adalah tak jenuh dan nol kolesterol. Karena hal ini, susu kedelai menjadi minuman yang ideal bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner. Selain itu, susu kedelai juga dapat menghambat penumpukan kolesterol dalam aliran darah.

2. Memperkuat Pembuluh Darah

Adanya kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 serta kandungan phyto-antioksidan yang ditemukan dalam kedelai sangat efektif dalam melindungi pembuluh darah dari luka dan perdarahan. Hal ini dapat memperkuat pembuluh darah dalam tubuh. Senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan dari serangan radikal bebas dan deposit kolesterol. Pengikatan gizi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

3. Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai merupakan sumber fitoestrogen, hormon tanaman yang unik, yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria dan mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang jarang makan kedelai cenderung mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

4. Mencegah Sindrom Pasca-Menopause

Manfaat susu kedelai ternyata penting bagi mereka yang telah melewati masa menopause. Selama menopause, produksi estrogen akan menurun. Penurunan estrogen yang tiba-tiba dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause. Wanita menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai adalah pengganti estrogen. Rutin mengonsumsi kedelai bisa menjadi cara bagus untuk mencegah dan mengurangi sindrom pascamenopause.

5. Mencegah Osteoporosis

Selain untuk menopause, manfaat susu kedelai bisa didapat bagi mereka yang osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit yang terkait dengan usia dan hormon. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk manfaat maksimal, pastikan bahwa Anda membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

%d blogger menyukai ini: