Pernahkah kamu mencium aroma tidak sedap terutama di keramaian apalagi saat cuaca panas? Nah, mungkin aroma yang ditangkap oleh hidungmu merupakan bromhidrosis. Bromhidrosis atau yang lebih dikenal dengan bau pada badan merupakan salah satu bau bakteri yang terdapat didalam tubuh. Bau bakteri tersebut akan meningkat jumlahnya dengan adanya keringat. Tapi, perlu diketahui, bahwa keringat sebenarnya tidak mempunyai bau loh! Bau badan ini sangat mengganggu dan membuat seseorang tidak nyaman karenanya. Jangan dianggap remeh, bau badan dapat menghilangkan kepercayaan diri seseorang, loh!

Tubuh manusia terdiri dari ribuan bakteri didalamnya. Sebagian bakteri tersebut hidup di daerah yang lembab, dan bakteri tersebut menyebar disekitaran mencapai jutaan. Bakteri corynebacteria, staphylococci, micrococci merupakan contoh bakteri yang terdapat di dalam tubuh manusia. Ketika bakteri tersebut memakan protein dan lemak di keringat, mereka mengubah komponen yang tidak bau tersebut menjadi sesuatu yang memiliki wangi tidak menyenangkan. Bau pada badan bisa disebabkan karena banyak aspek yang bercampur menjadi satu, contohnya aspek pada makanan dan higienitas tubuh.

Tipe bakteri pun menjadi penentu seberapa menyengat bau badan seseorang, karena makanan yang kamu santap akan mempengaruhi bau tubuhmu. Bau yang paling dirasakan adalah bau pada ketiak dan deodorant menjadi salah salah cara paling ampuh untuk bau ketiak. Kandungan antiperspirant pada deodoran akan menghalangi jalannya kelenjar keringat, sehingga ketiak tidak akan lembab dan terhindar dari bau ketiak. Jarang berganti pakaian atau malas mandi juga menjadi penyebab bau badan bersarang. Nah, jika kamu salah satu yang menderita bau badan ini, mungkin kamu bisa mencoba cara-cara berikut ini :

  1. Ganti pakaian dengan teratur. Keringat pada pakaian yang sudah dipakai akan menempel dan jika digunakan lagi maka akan timbul bau yang tidak sedap.
  2. Hindari rokok, alkohol, daging merah, kafein dalam jumlah berlebih karena dapat meningkatkan bau badan.
  3. Mandi secara teratur 2x sehari sehingga bersih dari bakteri dan kotoran yang menempel.
  4. Manfaatkan jahe sebagai minuman dan konsumsi daun kemangi untuk mengurangi bau badan berlebih.
  5. Banyak konsumsi buah, agar pencernaan lancar dan terbebas dari tumpukan lemak yang mengakibatkan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Nah, setelah membaca ini, gimana menurut pendapat kamu? Pastinya tidak ada yang mau dong mempunyai bau badan? Kamu bisa mencoba cara-cara alami seperti diatas untuk mengurangi masalah ini. Khususnya untuk orang yang padat aktifitas, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan tubuh dan terapkan pola hidup yang sehat. Yuk kunjungi laman https://pedulisehat.id untuk membantu teman-teman kita yang sedang berjuang yah!

%d blogger menyukai ini: