Virus Corona China: Menyebar Dari Hewan – Antar Manusia

Scroll down to content

Virus Corona atau yang dikenal dengan 2019-nCoV menjadi sorotan yang saat ini sedang hangat di dunia. Penyebaran virus Corona diidentifikasi bermula di Wuhan, China. World Health Organization / WHO mengatakan bahwa kasus ini merupakan darurat kesehatan masyarakat yang sampai dengan saat ini sudah sudah menyebar ke kota-kota besar di China seperti Beijing, Shanghai dan Shenzen. Tidak hanya itu, komisi kesehatan Kotamadya di Wuhan juga mengkonfirmasi bahwa tenaga medisnya yang berjumlah setidaknya 15 orang sudah terjangkit virus tersebut dan sedang menjalani pengobatan di ruang isolasi. Kementerian Kesehatan China juga telah mengkonfirmasi bahwa Virus Corona yang menyebar menyerupai Virus SARS yang pernah terjadi pada tahun 2002 – 2003 yang penularannya antar-manusia melalui pernapasan. Virus Corona tidak hanya menyebar di penjuru China, tetapi juga sudah menyebar sampai ke negera lainnya seperti Thailand, Korea dan Jepang.

Kekhawatiran akan virus ini juga bertambah, karena adanya libur hari raya Imlek di negara China. Dimana saat Imlek, terdapat lebih dari 400 juta orang akan melakukan perjalanan untuk merayakan hari raya tersebut. Virus Corona merupakan salah satu virus besar yang mulanya menginfeksi hewan, dan berevolusi menyebar ke manusia. Gejala awal yang dirasakan ketika terjangkit virus ini adalah demam, batuk, pilek, sesak nafas dan jika parah dapat terserang Pneumonia. Virus ini dihubungkan dengan makanan laut yang dijual di Wuhan, China. Saat ini, pasar yang menjual hidangan laut tersebut sudah ditutup dan dilarang dijual. WHO juga mengeluarkan rekomendasi untuk sementara menghindari kontak dengan orang sakit terutama demam dan flu, tidak mengkonsumsi hidangan laut dan darat, memasak telur hingga matang.

Sampai dengan saat ini virus tersebut sudah menginfeksi lebih dari 300 orang dan enam diantaranya meninggal dunia. Beberapa peraturan di berbagai negara telah ditingkatkan misalnya dengan adanya pemeriksaan penumpang terutama turis dari China. Kementrian Kesehatan Indonesia juga mengeluarkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan turis-turis yang berkunjung ke Indonesia baik dari laut dan udara. Waduh, ngeri yah? Mudah-mudahan virus tersebut tidak menyebar sampai ke Indonesia yah. Stay safe everyone!

%d blogger menyukai ini: