Mengenal Baby Hatch : Tempat Perlindungan Bayi di Malaysia

Scroll down to content

Dari tahun ke tahun, kasus pembuangan bayi selalu saja terjadi. Tidak hanya di Indonesia saja, melainkan hampir di seluruh dunia. Mulai dari kasus aborsi, sampai dengan membuang bayi yang tidak diinginkan tersebut ke tempat kotor seperti, tong sampah, pinggir sungai, pinggir kali, dan sebagainya. Hal ini seakan menjadi salah satu opsi terakhir dari para pasangan yang tidak bertanggung jawab atas perbuatannya. Alasan lainnya, bisa karena ketidakmampuan untuk membesarkan anak tersebut karena kendala ekonomi. Karena maraknya kasus ini, Malaysia mendirikan suatu tempat yang dinamakan Orphan Care Baby Hatch.

Baby Hatch sendiri merupakan pusat perlindungan bayi di Malaysia. Baby Hatch diciptakan agar para orang tua tidak sembarangan membuang bayinya. Lokasi Baby Hatch sendiri sudah tersebar di 12 lokasi di berbagai kota di Malaysia. Contohnya seperti di Petaling Jaya, Johor, Selangor, Penang, Kelantan, Pahang, Serawak, Perak, dan Sabah. Sampai dengan saat ini, Baby Hatch sudah menyelamatkan lebih dari 100 bayi. Cara kerja Baby Hatch sendiri sangat mudah. Orang tua yang ingin menitipkan anaknya di Baby Hatch hanya perlu membuka kotak pelindung bayi tersebut dan meletakkan bayinya disana.

Di sekitar lokasi Baby Hatch tidak ada kamera pengintai atau CCTV. Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir jika terlihat. Setelah meletakkan bayi tersebut, pintu kotak akan otomatis terkunci untuk menghindari bayi-bayi tersebut diculik dan di manfaatkan untuk kepentingan lainnya. Hasilnya, banyak juga orang tua yang mengadopsi anak tersebut untuk dijadikan anak angkat. Dengan adanya program ini, diharapkan angka pembuangan bayi akan terus menurun.

Wah, sepertinya program Orphan Care seperti ini juga akan berguna jika ada di Indonesia yah! Mengingat banyak sekali orang tua kejam yang tega membuang bayi mereka yang baru saja dilahirkan bahkan ke dalam selokan. Banyak orang tua mengharapkan kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga mereka, tetapi banyak juga orang tua malah membuang dan tidak mengharapkan kehadiran seorang bayi. Mari kita berharap program ini akan diadakan pemerintah di Indonesia suatu hari nanti.

%d blogger menyukai ini: