4 Februari menjadi hari peringatan kanker sedunia. Hari kanker ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran setiap manusia terhadap pencegahan kanker, deteksi kanker sejak dini dan pengobatan kanker. Peringatan kanker ini juga sebagai dorongan untuk memberikan semnagat kepada para pejuang kanker di seluruh dunia. Pada awalnya, hari kanker ini dibentuk oleh Union for International Cancer Control (UICC) yang mendukung deklarasi kanker dunia pada tahun 2008. Tujuannya adalah untuk menurunkan angka kematian akibat kanker.

Hari kanker sedunia juga mengingatkan kita akan perjuangan WHO, PBB, dan organisasi kesehatan lainnya baik pemerintah ataupun non-pemerintah untuk mengkampanyekan pesan mengenai kanker yang sebenarnya. Lebih dari 12,7 juta orang di diagnosis terkena kanker setiap tahunnya dan sebanyak 7 juta orang meninggal akibatnya. Serangkaian acara diadakan pada hari kanker sedunia ini untuk menunjukkan dukungannya terhadap pasien kanker, salah satunya yang pernah dilakukan adalah dengan #NoHairSelfie. Dimana gerakan ini adalah partisipan rambut di kepala mereka untuk menunjukkan simbol keberanian bagi para pejuang kanker yang dalam proses pengobatannya kehilangan rambut atau mahkota mereka.

Dalam rangka mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian kanker di Indonesia, perlu adanya upaya masif yang dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian kanker. Masyarakat dapat mengetahui kegiatan Hari Kanker Sedunia dengan mengunjungi situs website di platfrom  https://www.harikankersedunia.com Diharapkan melalui peringatan Hari Kanker Sedunia 2020 dapat menjadi sarana dalam meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan masyarakat terhadap kanker.

 

Sumber : diolah dari berbagai sumber

Photo by Google Indonesia

%d blogger menyukai ini: