Mengenal Sejarah Hari Kanker Sedunia

Scroll down to content

Dunia memperingati Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day pada Selasa 4 Februari 2020. Mengutip situs Union for International Cancer Control (UICC), tema tahun peringatan tahun ini adalah I Am and I Will, sama seperti 2019 dan pada 2021.

Tema tersebut dipilih untuk mengingatkan individu komitmen meningkatkan kesadaran dan melawan kanker. Sejarah Hari Kanker Sedunia dibuat sejak tahun 2000 dan telah tumbuh menjadi gerakan positif. Gerakan ini menyatukan semua orang dengan berbagai keahlian untuk memerangi kanker dan membantu penyintas kanker agar mampu bertahan hidup dan memiliki kualitas hidup.

Hari Kanker Sedunia tidak hanya menginspirasi individu, tapi juga peran pemerintah untuk menyediakan layanan kesehatan terkait kanker. Dengan tujuan akhir kemajuan riset dan teknologi pengobatan kanker, usaha pencegahan, akses pengobatan dan layanan paliatif yang sama untuk semua orang.

Momen Hari Kanker Sedunia selalu diperingati dengan aktivitas yang mengingatkan peran tiap individu, kelompok dan negara terkait kanker. UICC sendiri hingga saat ini telah mengumpulkan ratusan kesepakatan dari berbagai negara soal penanganan kanker dalam 9 deklarasi. Deklarasi ini menekankan niat pemerintah melawan kanker, yang bisa menjadi alat pengambil kebijakan mulai dari tingkat dunia hingga masyarakat umum.

Kanker hingga kini menjadi salah satu penyakit mematikan dan telah membunuh 9,6 juta orang. Jumlah tersebut bisa menjadi 13,2 juta orang per tahun pada 2030. Pengetahuan, kesadaran, dan kemauan melawan kanker bisa menurunkan jumlah tersebut sekitar sepertiga atau sekitar 4,4 juta orang.

Sumber : Detik.com
Foto : newsd.in

%d blogger menyukai ini: