Lakukan Hal Berikut untuk Mengatasi Masalah Jerawat di Punggung!

Scroll down to content

Jerawat tidak hanya bisa tumbuh di wajah, tetapi juga di area punggung dan ini bisa terjadi oleh siapapun. Ketika kadar hormon dalam tubuh meningkat tidak stabil, tubuh akan menghasilkan sebum atau yang disebut dengan minyak. Pori-pori di punggung bisa jadi tersumbar karena minyak tersebut dan menghasilkan keadaan yang disebut dengan jerawat. Tidak ada bedanya jerawat di wajah dan jerawat di punggung, keduanya sama-sama menyakitkan. Tipe-tipe jerawatnya pun sama, yaitu berupa komedo putih atau hitam, bintik merah, atau benjolan-benjolan berisi air atau jika parah berisi nanah. Mengatasinya pun lebih sulit daripada di wajah, karena sulit terlihat dan dapat menyebar secara luas di area punggung. Hal ini tentunya akan menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang, terutama untuk para wanita jika berpakaian agak terbuka di area punggung. Berikut adalah tips-tips untuk mengatasi masalah jerawat di punggung.

  1. Rajin Mengganti Baju Tidur

Jangan malas untuk mengganti baju tidur. Baju tidur menyimpan kuman dan bakteri, dan ketika digunakan berhari-hari akan berdampak pada masalah kulit. Meskipun baju tidur hanya digunakan ketika tidur malam hari, tetap saja baju sudah bersentuhan dengan kulit secara langsung. Pastikan kamu mengganti baju tidurnya setidaknya dua hari sekali.

  1. Mandi Secara Bersih

Mandi merupakan kewajiban setiap orang setiap hari. Ketika sedang mandi, mungkin saja kita tidak sadar bahwa masih ada sisa sabun yang masih menempel di tubuh. Sisa-sisa sabun sisa ini bisa menyebabkan terjadi jerawat, terutama area punggung yang kadang terlewatkan ketika membilas. Tidak hanya itu, ketika menggunakan conditioner setelah selesai ber-shampoo, pastikan juga kamu membilas conditioner tersebut dengan bersih dari rambut dan punggung kamu. Karena kandungan silikon dalam conditioner dapat memicu timbulnya jerawat di kulit. Maka dari itu, pastikan ketika mandi kamu membilasnya dengan bersih yah!

  1. Tidak Membawa Beban Berat di Pundak

Pasti banyak yang bingung, apa hubungannya jerawat dan membawa beban berat di punggung? Ketika kamu membawa beban atau barang di punggung kamu di dalam wadah tas misalnya, bagian belakang punggung akan sulit mendapatkan udara, sehingga ketika berkeringat, keringat tersebut terjebak di pori-pori kulit sehingga menyebabkan jerawat. Nah, untuk kamu yang selalu membawa tas besar, mulai sekarang usahakan punggungmu selalu diberikan ruang udara yah agar tidak berjerawat!

  1. Gunakan Deterjen yang Tepat

Munculnya jerawat di punggung bisa juga terjadi karena penggunaan deterjen yang kurang tepat. Karena beberapa jenis bahan kimia yang terkandung di dalamnya belum tentu cocok untuk beberapa jenis kulit tertentu, apalagi yang mempunyai turunan kulit sensitif. Maka dari itu, pemilihan deterjen dan pewangi juga ikut andil agar bagian punggung tidak berjerawat.

Tidak hanya tips diatas untuk mengurangi masalah jerawat di punggung, tetapi perawatan juga diperlukan. Misalnya seperti rajin menggunakan lulur atau scrub, sehingga kotoran-kotoran yang masih menempel di kulit dapat dibersihkan secara alami. Ada baiknya ketika mandi menggunakan busa mandi, sehingga membantu kamu untuk menjamah bagian-bagian tubuh yang sulit terjamah oleh tangan, misalnya bagian punggung. Hayoooo, siapa yang setelah membaca ini langsung cek punggung masing-masing? Pastikan kamu melakukan tips diatas yah agar punggungmu mulus dan terbebas dari jerawat. Selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: