Masyarakat indonesia sangat menggemari buah durian. Musim buah durian yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ini sudah dimulai dari beberapa pekan yang lalu. Meskipun buah ini berduri, banyak sekali penggemar buah durian. Pinggir jalan dipenuhi oleh orang-orang yang berjualan buah durian, mulai dari harga miring sampai dengan harga yang aduhai. buah durian dikenal dengan rasanya yang manis dan pahit. Nah untuk kamu pecinta buah durian, boleh mengkonsumsi durian tetapi jangan berlebihan yah! Buah durian mengandung alkohol seperti kandungan etanol, methanol, dan ethyl meracrylate. Selain itu buah durian juga mengandung lemak nabati dan omega 9.

Di kutip dari laman BBC Indonesia, rata-rata dalam 1 kilo buah durian mengandung 1.350 kalori dan 1 biji durian mengandung 40-50 kalori per buahnya. Porsi yang dianjurkan bagi orang normal adalah sampai 200 gram per konsumsi. Sedangkan untuk penderita diabetes cukup 60 gram per konsumsi. Jika terlalu banyak mengkonsumsi durian, akan ada dampaknya terhadap tekanan darah. Sering pula kita mendengar kata-kata “kalau darah tinggi jangan makan duren” dan ungkapan tersebut betul adanya. Jika durian yang dikonsumsi terlalu matang, maka beresiko meningkatkan tekanan darah dan meningkatkanya suhu tubuh atau thermogenesis, karena durian yang terlalu matang melewati proses fermentasi yang menimbulkan rasa sedikit pahit di buahnya.

Buah durian yang semakin matang, semakin tinggi pula kandungan gulanya, mengakibatkan metabolisme tubuh meningkat dan membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Buah durian cukup membuat orang ketagihan dengan makan sekaligus banyak. Hal ini penting untuk diingat, jika sudah terasa “begah” harus segera berhenti. Berikut adalah dampak dari konsumsi buah durian :

  • Membantu mencegah anemia
  • Membantu mencegah depresi
  • Mendorong nafsu makan

Perlu untuk kamu ketahui, bahwa sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi durian bersamaan bersama alkohol, tape dan kopi karena dapat berdampak pada tekanan darah. Serta sebaiknya disarankan untuk minum air putih setelah mengonsumsi durian. Untuk para wanita hamil, lupakan durian selama masa kehamilan yah karena ibu hamil dilarang konsumsi duren. Ingat yah, apapun yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh. Untuk para pecinta durian, happy hunting!

%d blogger menyukai ini: