Lakukan Hal Berikut Jika Tidak Ingin Ginjalmu Rusak

Scroll down to content

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dan membuat zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh melalui kandung kemih dan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Ginjal yang tidak sehat tentunya tidak akan berfungsi dengan optimal. Ginjal yang bermasalah dapat menurunkan kesehatan tubuh manusia. Karena hal itu, mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh juga merupakan hal yang penting bagi kesehatan ginjal. Makanan yang banyak mengandung bahan pengawet tentunya akan berdampak negatif bagi kesehatan ginjal. Tidak hanya makanan berpengawet, tetapi makanan-makanan olahan lainnya yang mengandung banyak bahan kimia juga menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu, kita harus mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang harus kita hindari agar ginjal terbebas dari masalah.

  1. Kurangi Konsumsi Garam

Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi garam dapat mengakibatkan rusaknya ginjal. Ginjal harus berusaha keras untuk mengeluarkan garam tersebut, dan jika hal ini berlangsung lama, tentunya akan menurunkan kekuatan dari ginjal. Akibatnya akan terjadi retensi air, yang kemudian lebih sering dikenal dengan penyakit gagal ginjal.

  1. Jangan Terbiasa untuk Menahan Buang Air Kecil

Kandung kemih yang dipenuhi urin harus segera di keluarkan melalui urin. Jika memiliki kebiasaan menahan air kencing dalam jangka waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan rusaknya ginjal, dikarenakan bakteri yang berkembang biak dalam urin. Hal ini dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih. Parahnya sampai dapat menyebabkan infeksi ginjal dan gagal ginjal.

  1. Kurangi Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Penggunaan obat pereda nyeri dalam jangka waktu yang lama dan rutin juga tidak baik untuk kesehatan ginjal. Kandungan analgesik dalam obat pereda nyeri akan mengurangi aliran darah yang mengalir ke ginjal, dan jika hal ini berlangsung lama, maka akan memperburuk kinerja kerja ginjal.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih merupakan langkah yang sangat baik dan benar untuk menghindari resiko terjadinya masalah pada ginjal. Ginjal manusia tidak boleh sampai kekurangan cairan. Maka dari itu, disarankan untuk konsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas perhari.

Nah, untuk teman-teman yang suka mengkonsumsi garam, yuk kita coba untuk perlahan mengurangi kadar garam. Jangan lupa untuk selalu konsumsi air putih disaat bangun di pagi hari dan perbanyak minum air putih sesuai takaran yang dianjurkan. Hindari banyak makan makanan yang mengandung banyak bahan kimia dan pengawet karena hal tersebut tidak akan baik jika lama-lama masuk ke dalam tubuh. Yuk, biasakan pola hidup sehat! Jangan lupa yah untuk mengunjungi platfrom https://pedulisehat.id untuk bersama menggalang dana untuk teman-teman kita diluar sana yang membutuhkan.

photo by Pinterest

%d blogger menyukai ini: