Ketahui Bahaya Dibalik Sumpit Sekali Pakai

Scroll down to content

Sumpit sekali pakai banyak digunakan oleh pedagang-pedagang mie pada umumnya. Tidak hanya pedagang mie, tetapi beberapa resturant siap saji juga menggunakan sumpit sekali pakai ini. Penggunaan sumpit sekali pakai ini mungkin terdengar sudah biasa di telinga kita. Sumpit sekali pakai tersebut biasanya terbuat dari bambu atau dari plastik. Sumpit yang berbahan dasar dari bambu dinilai tidak baik bagi kesehatan, karena proses pembuatannya yang tidak higienis. Selain tidak higienis, ada pula yang berani menggunakan sumpit ini sampai berulang-ulang. Penggunaan sumpit ini memang praktis, tetapi bagaimana dengan kesehatan? Mari kita simak bahaya penggunaan sumpit berbahan bambu ini :

  1. Mengandung Kimia

Potongan-potongan bambu untuk dijadikan sumpit, diputihkan menggunakan sulfur dan hidrogen peroksida tanpa disinfektan. Hidrogen peroksida sendiri merupakan senyawa pemutih yang kuat. Selain sebagai pemutih, hidrogen peroksida digunakan sebagai obat luka oleh dokter namun dosis dan pemakaiannya tidaklah boleh sembarangan dan harus sesuai anjuran dokter. Hidrogen peroksida tidak baik jika sampai tertelan melalui mulut. Nah, jika pembuatan sumpit menggunakan kimia ini dan kita sering menggunakan sumpit ini untuk makan, lama-kelamaan dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.

  1. Tidak Steril

Potongan bambu yang sudah menjadi sumpit tersebut dikemas dalam plastik. Tetapi pada proses pengemasannya, bisa saja terkontaminasi oleh kotoran. Sampai pada proses pengiriman, sumpit-sumpit tersebut tidak melewati proses sterilisasi. Maka, dapat diartikan bahwa sumpit tersebut belum dalam keadaan bersih ketika sampai di tangan konsumen.

  1. Terkontaminasi oleh Kuman

Karena pada awal produksinya tidak steril, maka senyawa dan kotoran-kotoran tersebut berkumpul menjadi kuman dan bakteri yang menempel di setiap sumpit dan masuk ke dalam mulut. Lebih membahayakan, ketika sumpit-sumpit tidak langsung dibuang melainkan digunakan kembali setelah dicuci.

Ada baiknya, kita menggunakan alat makan pribadi masing-masing, karena terjamin kebersihannya. Sekarang ini, sudah banyak orang-orang yang menjual peralatan makan praktis berbahan stainless yang gampang dibawa ketika bepergian. Nah, untuk kamu yang selalu sumpit berulang-ulang, lebih baik cepat dibuang yah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke orang-orang terdekatmu agar mereka terbebas dari bahaya bakteri dan kuman yang mengintai, apalagi sedang musim virus Corona. Ada baiknya kita menjaga kebersihan bersama. Yuk, biasakan pola hidup sehat yah! Sehat itu dimulai dari diri sendiri.

 

photo by Google

%d blogger menyukai ini: