Ketahui Ciri-Ciri Serangan Jantung Dini Hari – Penyebab Ashraf Sinclair Meninggal Dunia Secara Mendadak

Scroll down to content

Dunia hiburan Indonesia kembali diramaikan oleh berita duka. Dukacita kembali menyelimuti keluarga Bunga Citra Lestari alias BCL karena meninggalnya sang suami tercinta, Ashraf Sinclair pada 18 Febuari 2020 pukul 3.40 pagi dini hari. Menjaga kesehatan jantung bukanlah hal yang gampang. Alm. Ahsraf Sinclair yang profesinya merupakan aktor dan model sendiri dikenal sehat dan selalu tampak bugar tanpa riwayat penyakit sebelumnya. Berita meninggalnya Alm. Ashraf Sinclair diduga kuat karena terkena serangan jantung. Masalah jantung biasanya tidak terlepas dari tekanan darah. Dikutip dari Liputan 6 News, tekanan darah biasanya akan menurun pada saat tidur dan akan kembali normal pada saat bangun di pagi hari. Beberapa orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi memiliki potensi tekanan darah yang lebih tinggi di pagi hari dibandingkan malam hari. Serangan jantung terjadi karena pembuluh darah mengalami penyumbatan, sehingga aliran darah menuju jantung tidak lancar dan jantung kehilangan oksigen dan menyebabkan kematian. Serangan jantung dini hari seperti yang dialami oleh Alm. Ashraf Sinclair bisa saja terjadi karena beberapa hal seperti morning surge dan fibrilasi ventrikel.

Morning surge adalah keadaan dimana hormon kortisol meningkat di pagi hari dan menurun di malam hari. Konsumsi alkohol yang berlebihan menjadi salah satu penyebab tekanan darah meningkat yang disebut sebagai sleep anea. Sleep Anea dapat meningkatkan kadar adrenalin dan tekanan darah naik. Hal ini menyebabkan saluran nafas bagian atas dapat menyempit sehingga otot pernapasan berhenti bergerak. Gejala sleep anea pada umumnya adalah dengkuran keras dan rasa kantuk di siang hari. Hal lain yang mempengaruhi adalah tingkat stress dan riwayat jantung sebelumnya. Selain Morning surge dan sleep anea, fibrilasi ventrikel juga merupakan salah satu jenis penyakit jantung dini hari. Fibrilasi Ventrikel disebabkan oleh detak jantung yang cepat dan tidak teratur. Interval waktu pada jantung merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, interval irama jantung yang terlalu lama atau terlalu cepat dapat menyebabkan keadaan interval jantung abnormal atau dikenal dengan Aritmia.

Ketika jantung kehilangan keteraturan detak jantung, jantung jadi tidak bisa memompa darah dengan maksimal, dan hal ini yang menyebabkan seseorang bisa meninggal secara mendadak. Biasanya serangan jantung pada pagi hari dikenali dengan gejala-gejala seperti jantung berdebar-debar, nafas terasa sesak, sakit leher dan mual. Jika kamu menemukan gejala-gejala ini pada orang terdekatmu, segeralah konsultasi ke dokter terkait. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kami mengucapkan turut berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan agar diberikan ketabahan.

Foto diambil dari laman pribadi sosial media Alm. Ahsraf Sinclair.

%d blogger menyukai ini: