Perubahan Pada Tubuh Yang Sering di Anggap Remeh

Scroll down to content

Perubahan pada tubuh sudah biasa terjadi seiring perkembangan waktu. Sebagai pemilik dari tubuh, kita pasti menyadari bila suatu waktu bagian dari tubuh kita menunjukkan perubahan. Perubahan tersebut harus kita perhatikan apakah masih dalam perubahan yang terjadi masih dalam kondisi normal atau tidak. Seperti hal pada umumnya, perubahan yang terjadi bisa karenakan beberapa hal, seperti makanan yang dikonsumsi, kosmetik atau produk perawatan wajah atau tubuh, dan obat-obatan. Berikut adalah 4 perubahan bagian tubuh yang harus diperhatikan secara seksama jika terjadi perubahan :

  1. Bibir Pecah-pecah

Siapapun pasti pernah mengalami bibir pecah-pecah atau kering, terutama saat kurang minum. Namun, kering pada bibir juga sebagia pertanda bahwa terjadinya alergi. Hal ini bisa saja terjadi karena jenis makanan tertentu yang tidak cocok oleh tubuh. Bibir pecah-pecah juga salah satu gejala autoimun.

  1. Kuku Rapuh

Perubahan pada kuku, seperti warna, tekstur, kulit kuku adalah hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, kuku yang tipis atau pucat bisa menjadi pertanda bahwa tubuh mengalami anemia atau kurangnya zat besi pada tubuh. Kuku yang berwarna sedikit kekuningan menandakan bahwa terjadinya gangguan pada fungsi hati atau saluran pencernaan, seperti lambung. Biasanya, pada kuku terdapat bintik-bintik putih atau garis-garis berwarna putih. Tanda tersebut menunjukkan bahwa tubuh kekurangan zinc dan yodium. Jadi, dengan terjadinya perubahan pada kuku, bisa jadi tubuh kekurangan vitamin, kalsium, zat besi.

  1. Bintik Putih pada Gigi

Bintik atau noda pada gigi disebut juga dengan Fluorosis gigi. Flourosis sendiri merupakan penyakit yang terjadi pada gigi dan bisa terjadi sebelum atau sesudah tumbuh gigi. Jika dibiarkan, flourosis ini bisa menyebabkan jaringan gigi membusuk dan gigi dapat hancur perlahan-lahan.

  1. Rambut Rontok

Rambut rontok terjadi pada kebanyakan orang. Namun, sebetulnya rambut rontok menandakan adanya penyakit seperti kulit, tiroid atau autoimun. Jika kerontokan terus terjadi dan semakin parah, ada baiknya kamu cepat berkonsultasi dengan dokter yah agar cepat diberikan solusi.

Peduli terhadap diri sendiri adalah wajib hukumnya. Kita harus menyadari sekecil apapun perubahan yang terjadi pada diri kita. Tidak hanya hal-hal yang disebutkan diatas, jika pada tubuh muncul hal-hal yang tidak biasanya, kamu sudah harus curiga dan mencari tahu. Lebih baik kita mencegah daripada mengobati, setuju? Yuk, kita lebih sering memperhatikan kondisi tubuh kita.

Photo by IDN Times

%d blogger menyukai ini: