Merendam Kaki Dapat Menghilangkan Lelah? Simak Fakta Berikut

Scroll down to content

Selama satu hari beraktifitas seperti berjalan, berlari, olahraga, naik atau turun tangga tentu otot-otot pada betis dan pergelangan kaki akan terasa pegal. Rasa pegal pada otot disebabkan karena adanya penumpukan asam laktat di otot akibat penggunaan otot secara berlebihan. Otot membutuhkan energi dalam jumlah banyak untuk berkontraksi. Untuk menghasilkan energi, otot memecah cadangan gula yang terdapat dalam otot (glikogen). Dalam keadaan kekurangan oksigen, pemecahan gula otot ini menghasilkan asam laktat yang kemudian terasa munculnya rasa pegal. Banyak penelitian mengatakan bahwa merendam kaki di dalam air hangat dapat melancarkan sirkulasi dalam darah terutama di bagian kaki karena dapat memperlebar pembuluh darah di area kaki. Merendam kaki di air hangat atau menggunakan air garam dapat memberikan rasa nyaman dan mengurangi nyeri. Berikut adalah 5 manfaat merendam kaki untuk tubuh :

  1. Menghilangkan Bau Kaki

Menggunakan sepatu sepanjang hari tentunya dapat membuat kaki terasa lembab karena kurangnya udara di dalam sepatu yang kita gunakan. Hal ini menyebabkan banyak bakteri yang dapat berkembang biak, sehingga menciptakan aroma yang tidak sedap. Meredam kaki dalam air garam selama 10-15 menit dapat mengatasi masalah bau pada kaki.

  1. Mengatasi Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Wanita kerap kali mengalami masalah kaki kering dan pecah-pecah. Untuk itu, merendam kaki diperlukan untuk mengatasi kaki kering ini. Air hangat dapat membuat kaki menjadi lebih lembut dan rileks.

  1. Mengatasi Nyeri Kaki

Kadang terasa nyeri pada kaki memang menggangu aktifitas. Cobalah untuk merendam kaki agar otot terasa lebih lemas dan ringan. Merendam kaki menggunakan air garam yang mengadung magnesium dapat menenangkan sistem saraf tubuh.

  1. Menyembuhkan Infeksi Jamur pada Kaki

Jika kakimu terasa gatal, perih, lecet, kulit mengelupas, melepuh atau terbakar mungkin ini adalah gejala bahwa kakimu mengalami infeksi jamur. Banyak yang menyepelehkan masalah infeksi jamur pada kaki. Padahal, infeksi ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Infeksi Jamur pada kaki biasanya terjadi karena sering tidak menggunakan alas kaki.

  1. Mengatasi Insomnia

Merendam kaki dengan air hangat atau air garam dapat membantu tidur lebih nyenyak dan mencegah insomnia. Jika keseharianmu penuh dengan aktifitas yang padat, mungkin kamu boleh mencobanya dua hari sekali. Pasti tidurmu, terasa lebih nyenyak karena relaksasi pada otot terjadi.

 

Photo by Koran Indonesia

%d blogger menyukai ini: