Waspadai Parasit yang Menyebabkan Infeksi Jantung

Scroll down to content

Tahukah Anda, jika infeksi parasit pada jantung manusia dapat menyebabkan Miokarditis. Tahukah Anda, jika infeksi parasit pada jantung manusia dapat menyebabkan Miokarditis.  Menurut laporan penelitian yang terbit dalam jurnal Clinical Microbiology Reviews seperti dikutip dari Suara.com, Miokarditis adalah penyakit penyebab peradangan jaringan jantung.

Parasit juga dapat menyebabkan perikarditis, radang selaput di sekitar jantung, dan kardiomiopati, gangguan yang menghambat pemompaan dan dapat menyebabkan gagal jantung.

Agar lebih jelasnya, berikut beberapa jenis parasit yang dapat memengaruhi kesehatan jantung :

  1. Toxoplasma gondii

Parasit Toxoplasma gondii bertanggung jawab atas penyakit yang dikenal sebagai toksoplasmosis atau tokso. Ini dapat ditularkan ke manusia melalui kontak dengan kotoran kucing.

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), parasit ini dapat memengaruhi hingga 2 miliar orang di seluruh dunia dan sebagian besar tidak menunjukkan gejala. Parasit ini dapat bertahan di dalam otot jantung, di mana ia membentuk kista jaringan yang dapat bertahan sepanjang hidup inang.

  1. Entamoeba histolytica

Parasita yang disingkat E. histolytica penyebab utama amoebiasis, atau disentri amuba, sebuah infeksi usus yang ditandai oleh nyeri perut dan diare, lapor CDC. Tapi para ilmuwan dalam Journal of Clinical Medicine Research menuliskan, dalam kasus yang jarang terjadi infeksi parasit ini dapat menyebabkan komplikasi jantung serius yang dikenal sebagai amebic pericarditis, di mana ia menyebabkan abses di pericardium (selaput seperti kantung yang mengelilingi jantung).

  1. Trichinella spiralis

Cacing gelang parasit ini menginfeksi orang-orang yang memakan daging yang kurang matang dari hewan yang terinfeksi, memasuki inang manusia sebagai kista yang berisi larva dan menyebabkan penyakit trichinosis. Setelah inang menelan kista, asam lambung akan melarutkan kantung dan melepaskan larva ke dalam tubuh. Akhirnya mereka bersirkulasi ke dalam darah dan menggali ke dalam otot dan jaringan otak.

Komplikasi parah dari parasit ini dapat termasuk peradangan jaringan jantung dan aritmia yang mengancam jiwa, atau detak jantung tidak teratur.

Sumber :Suara.com

Foto : Shutterstock

%d blogger menyukai ini: