Ketahui Jenis Makanan Yang Layak Disimpan di Dalam Kulkas

Scroll down to content

Kulkas merupakan salah satu mesin pendingin yang kegunaannya untuk menjaga kesegaran makanan. Biasanya makanan yang diletakkan kulkas seperti daging, ikan, sayuran, makanan kaleng. Selain makanan-makanan tersebut segar, juga bisa diawetkan dan tahan lama jika diletakkan di dalam kulkas. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang sesungguhnya tidak perlu diletakkan di dalam kulkas? Berikut adalah beberapa makanan tersebut :

  1. Melon

Melon atau semangka dapat mempertahankan citarasa dan nutrisinya tanpa ahrus disimpan di kulkas. Sebaiknya melon atau semangka diletakkan di suhu ruangan. Karena buah ini besar, tentunya akan memakan tempat jika menyimpannya di dalam kulkas. Jika kamu tetap ingin menyantapnya selagi dingin, kamu boleh coba untuk memotongnya dan menaruhnya di kulkas dalam beberapa jam untuk disantap.

  1. Bawang

Bawang putih atau bawang merah sebaiknya jangan disimpan didalam kulkas. Cara terbaik untuk menyimpan bawang adalah dengan meletakkannya di tempat yang sejuk. Bawang dapat berjamur jika disimpan di kulkas dalam waktu yang lama. Bawang yang berjamur dapat menimbulkan bau yang menyengat dan menjadi bakteri untuk makanan-makanan lainnya yang disimpan didalam kulkas.

  1. Tomat

Suhu tomat jika terlalu lama diletakkan di kulkas akan menjadi lembek. Jika kamu tetap ingin menyimpannya di dalam kulkas, kamu bisa mencoba untuk meletakkannya deket rak buah dalam kulkas dalam waktu 1-2 hari agar tidak menjadi lembek dan berair.

  1. Madu

Pada suhu yang dingin, madu bisa menjadi kental dan mengkristal. Maka dari itu, penyimpanan madu tidak dianjurkan di dalam kulkas. Madu sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang awet. Jadi, kamu tidak perlu khawatir yah, cukup letakkan di suhu ruangan saja.

  1. Aneka Saus

Aneka saus bisa terdiri dari saus sambal atau saus tomat. Kedua saus ini tidak perlu diletakkan di kulkas karena kandungan cuka didalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam saus. Cukup letakkan saus tersebut di suhu ruangan atau di atas meja makan dan meja dapur.

  1. Buah Apel

Apel merupakan buah yang paling aman diletakkan di suhu ruangan. Jika kamu membeli apel dalam jumlah yang banyak dan memakan waktu yang lama untuk menghabiskannya, cukup letakkan apel di rak kulkas paling bawah.

Nah, guys silakan di cek kulkas masing-masing, apakah beberapa makanan yang disebutkan diatas ada di dalam kulkas kamu? Jika ya, lebih baik segera kamu habiskan atau segera dikeluarkan yah. Ada beberapa makanan yang memang lebih baik diletakkan di kulkas dan beberapa makanan yang memang harus diletakkan di suhu ruangan. Jangan lupa untuk melihat setiap komposisi makananmu yah supaya tidak salah penempatan yang berujung pada jamuran dan bakteri.

%d blogger menyukai ini: