Asam Urat Berpotensi Membentuk Batu Pada Ginjal Manusia

Scroll down to content

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Sebagian besar kasus penyakit batu ginjal dialami oleh orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter , kandung kemih, serta uretra . Ureter merupakan saluran kemih yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih. Sedangkan Uretra adalah saluran kemih yang membawa urine ke luar tubuh. Batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Seiring waktu, materi tersebut semakin keras dan menyerupai bentuk batu.Batu ginjal dapat dipicu oleh beberapa kondisi, seperti kurang minum air putih, berat badan berlebih, atau akibat efek samping operasi pada organ pencernaan.

Endapan batu di dalam ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain. Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu :

1.Batu Kalsium

Kencing batu sering disebabkan oleh batu ginjal yang mengandung kalsium. Kelebihan kalsium bisa menjadi penyebab batu ginjal. Pasalnya, kalsium yang tidak digunakan oleh tulang dan otot akan pergi menuju ginjal, dan menyebabkan batu ginjal.

2.Batu Asam Urat

Batu asam urat juga bisa terbentuk ketika air seni mengandung terlalu banyak asam. Orang-orang yang makan banyak daging, ikan, dan kerang mungkin terkena batu asam urat.

3.Batu Struvit

Batu struvite di ginjal, juga dapat terbentuk setelah Anda memiliki infeksi ginjal

4.Batu Sistin

Batu sistin merupakan hasil dari kelainan genetik, seperti keturunan dari orangtua ke anak. Gangguan tersebut menyebabkan sistin bocor melalui ginjal dan ke dalam urin.

Batu ginjal dapat berpindah dan tidak selalu berada dalam ginjal. Perpindahan batu ginjal, terutama yang berukuran besar, akan mengalami kesulitan menuju ureter yang kecil dan halus hingga kandung kemih, lalu dikeluarkan melalui uretra. Jika ini terjadi maka akan menimbulkan iritasi pada saluran kemih. Batu ginjal harus segera di obati karena dapat menimbulkan kerusakan permanen pada fungsi ginjal. Gejala batu ginjal muncul ketika batu ginjal sudah berukuran besar, dengan ciri-ciri :

  • Sering buang air kecil
  • Sakit saat buang air kecil
  • Jumlah urine yang keluar sedikit

Pengobatan itu dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

  • Prosedur untuk memecah batu ginjal (ureteroskopi)
  • Bedah terbuka.

Pencegahan pada batu ginjal, dapat dihindari dengan cara-cara berikut ini :

1. Minum Air Putih

Minum air setidaknya 8 gelas per hari. Perbanyak asupan air putih Anda jika aktivitas fisik Anda tergolong padat dan sering berkeringat. Rajin minum air dapat menurunkan risiko pembentukan batu di ginjal. Membatasi diri dari minuman yang mengandung kalori atau pemanis. Kurangi konsumsi alkohol, kafein, teh, dan minuman bersoda.

2. Kurangin Makan Asin

Kebanyakan makan makanan asin dari garam  atau natrium, dapat memicu penyakit batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Batasi asupan garam maksimal dalam sehari setara dengan 1 sendok teh garam dapur atau 5 gram garam.

3. Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urin sehingga berisiko lebih besar adanya batu di ginjal. Orang yang kelebihan berat badan, memiliki pH urin yang cenderung lebih asam pada orang yang memiliki berat badan lebih sehingga juga meningkatkan risiko terjadinya pembentukan batu ginjal.

4. Batasi Makanan Yang Mengandung Purin

Daging dan sumber protein hewani seperti telur, jeroan dan produk susu mengandung purin. Purin merupakan zat yang sering menyebabkan kondisi asam urat. Asam urat merupakan salah satu bahan yang akan membentuk batu pada ginjal Anda.Oleh karena itu, batasi asupan makanan hewani dan makanan mengandung purin lainnya.

Sumber: diolah dari sumber lainnya

Photo by Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: