Peneliti Klaim Kecap Bisa Panjangkan Umur

Scroll down to content

Siapa yang tidak kenal dengan bahan makanan yang berasal dari kedelai ini. Ya, kecap berperan sebagi penambah rasa di setiap makanan. Namun siapa sangka kecap dipercaya bisa membuat panjang umur seseorang.

Menurut artikel Gulftoday, jika secara teratur mengonsumsi produk kedelai fermentasi seperti miso dan kecap yang merupakan makanan pokok di banyak negara Asia ternyata dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Penelitian mengenai hal ini juga diterbitkan dalam British medical Journal yang mengamati pola makan dan kesehatan pria dan wanita Jepang berusia 45 hingga 74. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang sering makan miso, tempe, kecap dan natto yang merupakan hidangan lengket yang terbuat dari kedelai fermentasi. Yang sangat populer di negara-negara Asia karena memiliki manfaat dan risiko kematian yang lebih rendah jika mengonsumsinya.

Studi ini meneliti berapa banyak kedelai fermentasi yang perlu dikonsumsi untuk melihat manfaatnya. Diketahui bahwa pria yang mengonsumsi 50,2 gram kedelai yang di fermentasi lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dalam 14,8 tahun. Wanita melihat manfaat yang sama dari makan kedelai fermentasi setidaknya 46,6 gram per harinya.

Dikutip dari laman PikiranRakyat, penelitian ini menambahkan bahwa makan 26,2 gram kedelai yang di fermentasi dari makanan di setiap harinya. Dapat menyebabkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 24 persen lebih rendah untuk pria dan 21 persen lebih rendah untuk wanita.

Manfaat produk kedelai yang difermentasi berasal dari kandungan serat tinggi karena kaya akan kalium juga. Namun, peneliti mengatakan bahwa berbagai faktor yang tidak terukur dapat mempengaruhi hasil penelitian.

Sumber : Pikiran Rakyat

Foto :Shutterstock

%d blogger menyukai ini: